Berita Terbaru


16-05-2012 | Hit : 2835

Dalam rangka memperingati Hand Hygiene Day atau Hari Kebersihan Tangan yang jatuh pada tanggal 5 Mei, RSUP Dr. Kariadi Semarang mengadakan beragam kegiatan secara maraton sejak tanggal 30 April 2012 hingga puncaknya pada tanggal 5 Mei 2012. Keseluruhan kegiatan peringatan ini tak lain adalah membangun budaya cuci tangan di lingkungan rumah sakit khususnya yang meliputi petugas kesehatan, pasien dan keluarga pasien serta pengunjung rumah sakit. Sehingga atas dasar inilah peringatan kali ini mengusung tema "Dengan kesadaran diri,  mari tingkatkan kebersihan tangan demi terwujudnya rumah sakit yang berorientasi pada mutu dan keselamatan pasien".

Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan antara lain lomba Poster, lomba Hand Hygiene Dance, Pemilihan Duta Hand Hygiene, lomba Kepatuhan Ruangan terhadap Cuci tangan dan diakhiri dengan Kampanye Hand Hygiene di lingkungan rumah sakit serta Seminar Sehari yang berkaitan dengan pencegahan & pengendalian infeksi di rumah sakit. Peserta yang mengikuti lomba adalah seluruh pegawai/petugas kesehatan yang bekerja di RSUP dr. Kariadi, mencakup SMF, Instalasi, Ruangan, Bagian/Bidang. 

Lomba Poster diikuti oleh 43 peserta dengan jumlah poster yang terkumpul sebanyak 66 buah. Pemenang juara I diraih oleh I’ib Rusti Mutaqin, SKep, Ns (Pav.Garuda), juara II Sukinem, SKep (C3 Lt.2) dan juara III diraih oleh Hariyanto (IPSRS)

Lomba Hand Hygiene Dance diikuti 32 grup (masing-masing terdiri dari 5 orang. Juara I diperoleh R.Radioterapi, diikuti R.ICU dan sebagai juara III adalah R.Stroke.

Pada Lomba Kepatuhan Ruangan, penilaian dilakukan secara diam-diam oleh juri yang terdiri dari juri internal dan eksternal dari BBraun sebagai mitra rumah sakit dalam kegiatan ini. Juara I adalah R. Anak Lt.2, kemudian R.B1 Saraf dan R.A1 Bedah Saraf

Pemilihan Duta hand hygiene, diambil 10 orang duta yang ikut serta berkampanye pada hari H, dengan Duta Terbaik diraih oleh, Wening Lasmito, SKep, Ns. Duta-duta ini terpilih karena kemampuan untuk melakukan edukasi/penyuluhan tentang pentingnya mencuci tangan dengan benar.

Pada Hari H, tanggal 5, kampanye hand hygiene dibuka secara seremonial oleh Direktur Utama dan pelepasan balon yang dilakukan oleh Direktur Medik & Keperawatan disaksikan oleh tamu undangan di halaman Paviliun Garuda. Dilanjutkan dengan kampanye ke seluruh lingkungan rumah sakit dengan membagikan bunga atau balon kepada pengunjung yang melakukan cuci tangan. Dan keseluruh rangkaian acara peringatan ini ditutup dengan Seminar Sehari tentang Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit (PPIRS) yang diikuti oleh peserta dari rumah sakit lain di semarang, kendal, demak, salatiga, ambarawa dan ungaran serta peserta internal yang berjumlah kurang lebih 150 orang.

Navigation