Berita Terbaru


26-01-2018 | Hit : 68

DALAM RANGKA HARI GIZI NASIONAL RSUP Dr KARIADI ADAKAN PENYULUHAN KESEHATAN DAN MEMBAGIKAN JUS BUAH GRATIS BAGI PENGUNJUNG RUMAH SAKIT

Semarang (25/1)--- Gizi merupakan faktor penting yang mendukung kesehatan. Oleh karena itu gizi yang seimbang merupakan idaman bagi banyak orang. Jika seseorang mengalami kekurangan atau kelebihan gizi, maka ia akan lebih rentan terkena penyakit dan kurang produktif,  sehingga pedoman gizi seimbang sesuai golongan usia, status kesehatan dan aktivitas fisik perlu diperhatikan.

undefinedHARI GIZI 2018

Sebagai salah satu wujud memperingati hari gizi nasional tahun 2018, RSUP Dr. Kariadi Semarang melakukan kegiatan gizi serentak yaitu penyuluhan kesehatan serta pembagian jus buah gratis. Acara tersebut dilaksanakan di Fasilitas Umum Rumah Sakit  dan  mendapatkan respon yang baik  dari para pengunjung.

Dalam acara turut hadir Hagnonowati, SKM. MSi selaku Kepala Bagian Instalasi Gizi RSUP Dr. Kariadi. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan hari ini dalam rangka menyambut hari gizi nasional tepatnya pada tanggal 25 Januari 2018, dengan tema bersama membangun gizi menuju bangsa sehat berprestasi untuk mewujudkan kemandirian keluarga dalam seribu hari pertama kehidupan untuk mencegah stunting. Tindakan nyata yang dilakukan RSDK adalah dengan Promosi Kesehatan Masyarakat Rumah Sakit (PKMRS) untuk pengunjung Rumah Sakit yang disampaikan oleh ahli gizi dan dilanjutkan dengan pembagian jus buah sebagai wujud Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Selain itu ada edukasi lewat audio publik yang ada di RS mengenai gizi sesuai tema hari gizi nasional tersebut.

“Harapannya semua masyarakat tahu pentingnya gizi dalam kehidupan sehari hari untuk mendukung kesehatan keluarga dan menyiapkan generasi yang sehat serta berprestasi”. Ujar Hagnyonowarti.

Pada sesi penyuluhan kali ini juga  dijelaskan tips - tips sehat dalam mengkonsumsi gula, garam dan lemak yang aman oleh ahli gizi Wawang Suswan, AMG, yaitu:

  1. Hindari makanan atau minuman dengan pemanis buatan yang berlebihan.
  2. Gunakan bahan makanan segar daripada bahan makanan yang diawetkan atau dikalengkan.
  3. Pilih buah segar sebagai snack dari pada camilan yang berupa makanan olahan seperti roti, biscuit, keripik, dan lain- lain.
  4. Batasi konsumsi makanan yang diasinkan seperti acar, asinan, dan lain - lain.
  5. Batasi konsumsi makanan berlemak hanya 6 kali perhari yaitu makanan yang digoreng, bersantan atau dengan olesan mentega.
  6. Batasi penggunaan bumbu – bumbu penyebab seperti MSG (monosodium glutamate), kecap, saos, sambal botol, terasi, magi, tauco.
  7. Batasi makanan yang mengandung lemak jenuh atau kolestrol yaitu memilih daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, putih telur, santan encer, susu, ikan laut atau ikan tawar.
  8. Sebagai penguat rasa pada makanan perkaya dengan penggunaan bumbu alami seperti bawang merah, bawang putih, daun bawang, daun, salam, tomat, dan lain sebagainya.

(Onky – Humas RSUP Dr. Kariadi)

Navigation

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'mysql' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: