Berita Terbaru


28-10-2017 | Hit : 28

Sebagai bentuk nyata rumah sakit yang mencintai budaya, RSUP Dr. Kariadi adakan pentas wayang orang Epos Ramayana dalam rangka Hari Kesehatan Nasional di Taman Budaya Raden Saleh.

Direktur Medik dan Keperawatan, Dr. dr. Darwito, S.H., Sp.B., Sp.B(K) Onk mengatakan alasan diadakan pementasan wayang orang karena wayang orang hampir punah.

"Saat ini di Indonesia hanya 3 tempat yang rutin melakukan pementasan wayang orang yaitu di Solo, Semarang, dan Jakarta." ujar dr. Darwito.

Pementasan wayang orang yang diselenggarakan oleh RSUP Dr. Kariadi ini diperankan oleh 40 orang karyawan dari segala aspek, dari direksi hingga perawat pelaksana dengan persiapan selama 3 bulan.

Dengan pementasan wayang orang ini, nantinya RSUP Dr. Kariadi dapat menjadi Kariadi Krida Budaya, atau rumah sakit yang menyisihkan waktu dan sumber daya manusia yang melestarikan budaya sehingga tidak punah.

Alasan RSUP Dr. Kariadi memilih Epos Ramayana karena menceritakan cinta rama terhadap shinta sehingga diharapkan seluruh karyawan RSUP Dr. Kariadi dapat mencintai budaya sehingga akan melestarikan dengan cara apapun.

Selain itu, pementasan wayang orang ini juga menandakan bahwa kolaborasi antara pekerjaan dan seni hasilnya akan lebih baik dibandingkan hanya mengandalkan SOP dan logika, karena dalam seni ada kelembutan.

Rumah sakit sebagai tempat pelayanan medik sangat membutuhkan kelembutan dalam menangani pasien.

Navigation