Berita Terbaru


30-10-2017 | Hit : 28

Peringati World Stroke Day, RSUP Dr. Kariadi adakan senam di Car Free Day Jalan Pahlawan Kota Semarang.

dr. Bambang Wibowo SpOG(K)., MARS, Direktur Jenderal Layanan Kesehatan mengatakan bahwa peringatan hari stroke mempunyai berbagai macam manfaat baik untuk masyarakat, fasilitas kesehatan, maupun profesi..

"Untuk masyarakat agar lebih peduli terhadap kesehatan karena stroke merupakan penyebab kematian nomer 4 di Indonesia. Padahal, stroke dapat dicegah dan dikenali secara dini." ujar dr. Bambang.

Peringatan hari stroke pun juga mempunyai manfaat bagi fasilitas kesehatan baik dari segi promotif, prefentif, maupun kuratif sehingga tim yang dipersiapkan oleh fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas dapat segera mengatasi gejala awal stroke, sehingga meminimalisir angka kecacatan dan kematian.

Selain itu, bagi tim medis, peringatan ini juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan tim.

dr. Anung Suguhantono., M.kes mengatakan penyakit stroke sebenarnya dapat dicegah dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, yakni dengan rajin berolahraga, pemeriksaan kesehatan secara teratur, rajin konsumsi sayur dan buah, dan mengurangi makanan berlemak serta alkohol.

"Dalam 10 tahun terakhir ini penyakit yang ada di Indonesia bergeser dengan penyakit tidak menular yang faktornya disebabkan karena perilaku yang tidak sehat." tandas dr. Anung.

Navigation