Berita Terbaru


06-12-2018 | Hit : 18

 

 undefinedperpus

RSUP Dr. Kariadi Semarang merupakan Rumah Sakit terbesar sekaligus berfungsi sebagai Rumah Sakit rujukan bagi wilayah Jawa Tengah. Saat ini RSUP Dr. Kariadi adalah Rumah Sakit kelas A Pendidikan dan berfungsi sebagai Rumah sakit Pendidikan Utama bagi dokter, dokter spesialis, dan sub spesialis dari Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, dan Institusi Pendidikan lain serta tenaga kesehatan lainnya.

Rumah sakit  merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan. Adanya kompetisi dalam era globalisasi dibidang pelayanan kesehatan perlu diantisipasi dengan peningkatan mutu dan profesionalisme SDM. Salah satu upaya yang dapat berperan langsung terhadap pengembangan SDM adalah melalui kegiatan  pendidikan, pelatihan, dan penelitian. Dalam mewujudkan SDM yang berkompeten, tentunya didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai. Salah satu sarana dan prasarana yang mendukung adalah adanya perpustakaan. Perpustakaan tidak bisa terlepas dari kegiatan pendidikan dan penelitian. Perpustakaan harus menyediakan informasi yang memadai untuk menunjang kegiatan pendidikan dan penelitian.

Perpustakaan yang sekarang ada dan digunakan telah banyak dan jauh mengalami perubahan dalam banyak aspek. Perpustakaan tentu akan selalu mengalami perubahan terutama yang berkaitan dengan teknologi informasi dan intensitas perkembangan informasi. Dalam memasuki masa informasi, di mana informasi telah berkembang dengan begitu pesat, setiap orang dan dalam setiap sisi kehidupannya tidak akan terlepas dari informasi. Siapa yang mempunyai akses dan informasi lebih cepat dan tepat akan menguasai dunia. Sebaliknya bagi mereka yang ketinggalan dan keterbatasan akses informasi akan jauh tertinggal di belakang.

Proses perkembangan informasi akan semakin cepat, sejalan dengan makin berkembangnya teknologi informasi. Jika masa lalu koleksi perpustakaan diwarnai dengan koleksi dari daun lontar dan tanah liat, sekarang yang paling dominan berupa koleksi tercetak, dan banyak perpustakaan sudah dalam bentuk mikro, digital dan elektronik. Dengan kata lain, berkat kemajuan teknologi informasi, orang memperoleh kemudahan dan kebebasan akses atas sumber informasi di perpustakaan. Hal tersebut tidak hanya berlaku pada perpustakaan umum saja, tetapi juga pada perpustakaan khusus. Koleksi perpustakaan khusus saat ini sudah beragam, baik dalam bentuk tercetak maupun dalam bentuk elektronik.

Saat ini, baik di bidang kedokteran maupun profesi lainnya menekakan tanggungjawab seorang individu dalam menentukan pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk mencapai keberhasilan. Mereka juga harus mempunyai keterampilan yang dibutuhkan yaitu menjadi aktif dan pembelajaran yang mandiri daripada hanya sebagai penerima informasi yang pasif. Hal tersebut akan meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal karena mereka akan lebih terlatih, meningkatkan kemampuan problem solving, dan dibiasakan belajar mandiri menuju life-long study learning. Kalau jaman sekarang kita lebih melek digital daripada melek buku, itu bukan pertanda buruk. Minat baca tetaplah ada, hanya saja medianya yang berubah.

Salah satu upaya perpustakaan RSUP Dr. Kariadi dalam menyediakan informasi berbasis teknologi informasi atau digital adalah dengan implementasi e-library. E-library RSUP Dr. Kariadi memanfaatkan aplikasi SLIMS (Senayan Library Management System) dengan mengembangkan fitur yang telah ada. E-library RSUP Dr. Kariadi juga mencantumkan fitur ClinicalKey yang merupakan produk dari Elsevier yang menyediakan konten semua bidang kesehatan dan StatDx yang menyediakan konten khusus ilmu radiologi. Perpustakaan RSUP Dr. Kariadi telah berlangganan Clinicalkey dan StatDx sejak Juni 2018. ClinicalKey mempunyai keunggulan cepat, lengkap, nyaman, dan terpercaya. E-library ini dapat diakses dimana saja dan kapan saja dalam versi web dan aplikasi di handphone. E-library versi web dapat diakses di  http://perpus.rskariadi.id/perpus_rskariadi/ dan versi aplikasi di handphone android dan apple bisa diunduh di Playstore atau AppStore pada aplikasi KIS (Kariadi Information System) konten didalamnyan terdapat menu perpustakaan RSUP Dr. Kariadi.

E-Library adalah program supaya orang-orang mudah mengakses perpustakaan dimana dan kapan saja. Selain itu juga, e-library meluaskan jangkauan layanan berupa open source. Gak asyik donk kalo yang bisa akses hanya orang-orang di lingkungan RSUP Dr. dan sekitarnya? Dengan layanan e-library ini semua orang dapat mengakses perpustakaan. Selama mereka memiliki kuota internet tentu saja. Melalui E-library ini dilema yang dulu sering dialami ketika membawa banyak buku dan bawaan terasa berat. Tapi kalau terlalu sedikit, bacaan akan cepat habis. E-library RSUP Dr. Kariadi ini memberikan solusi untuk masalah ini. Hanya dengan mengunduh aplikasi KIS yang serasa membawa perpustakaan dalam ponsel, selama baterai ponsel masih aman. Cukup seru kan? Secara umum cara kerja e-library ini sama dengan perpustakaan biasa. Bedanya ini semua bisa kamu nikmati dalam genggaman. Lebih praktis kan?. Yang namanya aplikasi, pasti ada saat dimana tiba-tiba lemot, susah diakses, atau hal-hal yang tidak menyenangkan lainnya. Kalau aplikasi tiba-tiba tidak bersahabat dan tidak bisa digunakan, jangan ragu untuk menghubungi pihak perpustakaan RSUP Dr. Kariadi di ext 8088. E-library ini akan selalu dikembangkan menjadi lebih baik, dan ditambah fitu   R-fitur sesuai kebutuhan pemustaka.

Tidak berhenti disini saja, perpustakaan RSUP Dr. Kariadi juga sudah bergabung di KINK Indonesia One Search Kementerian Kesehatan RI yang dibawah Indonesia One Search Perpustakaan Nasional. Apa sih KINK Indonesia One Search itu? KINK Indonesia One Search
atau IOS adalah sebuah pintu pencarian tunggal untuk semua koleksi publik dari perpustakaan, museum, dan arsip di seluruh Indonesia khususnya instansi dibawah Kementerian Kesehatan RI. Selain itu, portal ini juga menyediakan akses ke sumber elektronik internasional (e-resources) yang dilanggan oleh Perpusnas RI untuk semua anggota yang terdaftar. Jadi bagaimana cara kerjanya? Begini, misalkan kamu ingin mencari sebuah buku, tapi kamu tidak menemukan di perpustakaan terdekat. Kamu tak perlu pusing. Cukup buka alamat web IOS di https://kink.onesearch.id/ lalu masukkan judul buku yang kamu inginkan di kolom pencarian dan buku yang kamu inginkan akan muncul. Kamu akan diberi informasi di mana buku itu tersedia. Informasi yang ada itu berasal dari banyak katalog online perpustakaan di seluruh Indonesia. Bisa jadi buku yang kamu cari tak ditemukan di Jakarta, tapi kamu bisa dapatkan di perpustakaan di Bandung atau Surabaya. Dan itu bisa kamu dapatkan melalui website ini. Kelebihan IOS ini pastinya kita bisa hemat waktu dan tenaga, koleksinya banyak, dan IOS ini anti duplikat jadi kamu akan terhindar dari koleksi hasil plagiat. Nah mulai sekarang kamu tidak perlu pusing mondar mandir dari satu perpustakaan ke perpustakaan lain. Cukup akses IOS dan masalah teratasi. Mudah kan? Perpustakaan RSUP Dr. Kariadi termasuk kedalam 15 Top Contributors dan Collections dengan jumlah koleksi 2.564 Koleksi dan satu-satunya koleksi terbanyak di kalangan perpustakaan khusus.

 

 

 

 

Navigation