Berita Terbaru


11-10-2017 | Hit : 12

Semarang—RSUP Dr. Kariadi mengadakan edukasi kesehatan gigi tentang pemasangan gigi tiruan kepada pengunjung di area fasilitas umum pada Selasa (10/10/2017) .

Edukasi kesehatan gigi ini dibawakan oleh drg. Windriyatna, Sp. Pros, yang membahas tentang Prostodonsia, sebuah tindakan untuk merestorasi gigi yaitu mempertahankan fungsi rongga mulut dengan mengganti gigi-gigi yang sudah tanggal atau hilang. Juga tindakan memperbaiki jaringan rongga mulut  dan maksilofasial yang sudah rusak dengan pengganti tiruan.

 

“Selama ini masyarakat kurang paham mengenai pemasangan gigi tiruan dan malah mengunjungi ahli gigi yang bukan dokter gigi,” ungkap drg. Windiyatna.

 

Untuk pemasangan gigi tiruan dengan aman, diperlukan pertimbangan dari berbagai aspek, oleh karena itu hal ini memerlukan spesialisasi dan keahlian khusus, yang tentunya dimiliki oleh dokter gigi spesialis prostodonsia, seperti :

  1. Gigi Tiruan Sebagian Lepasan (GTSL), yaitu gigi tiruan yang mengganti satu atau lebih gigi, tetapi tidak seluruh gigi asli dan/atau struktur pendukungnya. Gigi tiruan ini dilepas dari mulut dan dipasangkan kembali
  2. Gigi Tiruan Lengkap (GTL) adalah pembuatan Gigi Tiruan Lepasan yang menggantikan seluruh gigi geligi asli dan struktur pendukungnya baik maksila maupun mandibula
  3. Gigi Tiruan Cekat (GTC)/Mahkota Jembatan Adalah pembuatan Gigi Tiruan yang menggantikan satu atau lebih gigi yang hilang dan tidak dapat dilepas oleh pasiennya sendiri maupun dokter gigi karena dipasangkan secara permanen pada gigi asli yang merupakan pendukung utama dari restorasi
  4. Prostetik Maksilofasial ( wajah dan tulang rahang) merupakan cabang dari ilmu Prostodonsia yang berhubungan dengan restorasi dan atau penggantian ,dari stomatognasi dan berkaitan dengan struktur wajah, oleh pengganti tiruan yang dapat dilepas atau tidak dapat dilepas.
  5. Dental Implant/Implan Gigi, yang mempunyai kegunaan membentuk pilar sebagai pendukung suatu protesa, mahkota, bridge

“Semua pelayanan tersebut, dapat dilakukan di RSUP Dr. Kariadi,” tambah drg. Windriyatna.

 

Sahabat Sehat, rawat selalu gigi anda, jika mengalami keluhan segera periksakan ke fasilitas kesehatan.

Navigation