Berita Terbaru


24-10-2017 | Hit : 56

Semarang--RSUP Dr. Kariadi melalui Instalasi Diklat mengadakan pelatihan Central Sterile Supply Department (CSSD) bagi sejumlah pegawai internal rumah sakit pada selasa, (24/10/2017) di Instalasi CSSD.

CSSD RSUP Dr. Kariadi adalah unit yang bertanggung jawab atas pencucian dan distribusi alat dan berbagai instrumen yang telah disterilkan di rumah sakit.

Dalam sebuah unit pelayanan kesehatan, Instalasi Laundry dan CSSD merupakan salah satu mata rantai yang penting dalam pengendalian infeksi adapun  tugas dan fungsinya  menyediakan barang, linen dan alat steril untuk mendukung kelancaran pelayanan tindakan di kamar  operasi dan  ruang perawatan.

RSUP Dr. Kariadi berupaya untuk dapat memberikan pelayanan secara cepat, tepat, akurat dan terjamin mutu kualitas sterilnya, oleh karena hal tersebut perlu didukung SDM yang kompeten dan professional.

Beberapa tujuan yang hendak dicapai dalam pelatihan selama dua hari ini adalah:

  1. Peserta memahami peran dan fungsi pelayanan CSSD & laundry
  2. Peserta memahami standar akreditasi yang berhubungan dengan CSSD & Laundry
  3. Peserta memahami dan mampu melaksanakan pembersihan,desinfeksi dan sterilisasi sesuai jenis alat dengan benar.
  4. Peserta memahami dan mampu melaksanakan, pengecekan fisik, fungsi alat, pengemasan, setting, packing, labelling
  5. Peserta memahami dan mampu melaksanakan jaminan proses sterilisasi.
  6. Peserta memahami dan mampu melaksanakan, penyimpanan,distribusi alat medis dengan benar.

Untuk mewujudkan pelayanan yang prima dan paripurna, RSUP Dr. Kariadi selalu berupaya memberikan bekal pengetahuan yang diperlukan, sehingga rumah sakit mempunyai SDM yang kompeten dibidangnya. (Suprih  - Humas RSUP Dr. Kariadi)

Navigation