Berita Terbaru


20-10-2017 | Hit : 31

Salah satu bentuk komitmen terhadap pencegahan penyakit kanker, RSUP Dr. Kariadi bekerja sama dengan Perhimpunan Onkologi Indonesia dan Yayasan Kanker Indonesia Pusat mengadakan Seminar Awam "Kanker dan Gaya Hidup : Pencegahan dan Deteksi Dini".

Tujuan diadakannya seminar awam ini karena saat ini masyarakat cenderung melakukan pengobatan kanker setelah stadium lanjut. Padahal sebenarnya penyakit kanker dapat sembuh dengan baik dengan melakukan pengobatan saat stadium awal.

Ketua Panitia Seminar, dr. Eko Adhi Pangarsa, Sp.PD., KHOM menyampaikan sebagai rumah sakit rujukan, RSUP Dr. Kariadi setiap hari selalu menerima pasien penderita kanker baru.

"Kalau setiap hari kurang lebih ada 100 penderita baru dari daerah ke tempat kita, serta kurang lebih 40 - 50 penderita lama setiap harinya menjalani kemoterapi, sebagian juga menjalani radiasi. Jumlah itu diluar penderita baru." ujar dr. Eko.

Sel kanker membutuhkan waktu 10 hingga 15 tahun untuk memasuki stadium awal, sehingga sebenarnya masyarakat mempunyai waktu cukup panjang untuk dapat melakukan deteksi dini.

Anggaran yang dikeluarkan pemerintah untuk penyakit kanker pun tergolong cukup besar, karena berdasarkan data, untuk asuransi kesehatan tertinggi saat ini adalah untuk pengobatan kanker.

Meskipun kanker dapat disebabkan oleh faktor genetik, ternyata faktor itu hanya menyumbang 15% dari keseluruhan penderita, selebihnya kanker ada karena pola hidup masyarakat yang kurang baik.

Istri Gubernur Jawa Tengah, Siti Atikoh Ganjar menyampaikan untuk menekan angka penderita kanker di Jawa Tengah, pihaknya menggandeng PKK.

"Kenapa harus merangkul PKK? Karena PKK mempunyai kader hingga dasawisma dan sasarannya adalah keluarga." ujat Siti Atikoh Ganjar.

Di Jawa Tengah sendiri masyarakat masih susah untuk mau melakukan deteksi dini kanker karena keterbatasan pemahaman tentang kanker, masih ada rasa malu dan takut jika setelah diperiksa hasilnya positif menderita kanker, serta karena keterbatasan pelayanan kesehatan setingkat puskesmas yang dapat melayani pemeriksaan dini kanker.

Navigation