Berita Terbaru


17-04-2018 | Hit : 28

RSUP Dr. Kariadi Ajak Masyarakat Lakukan Deteksi Dini untuk Pencegahan Kanker
SEMARANG(16/04)-Sahabat Sehat, angka penderita kanker di Indonesia semakin meningkat. Kenaikan angka ini dapat ditekan dengan melakukan pencegahan dan deteksi dini. “Pencegahan dapat dilakukan dengan melakukan pola hidup sehat melalui makanan, yakni dengan makan buah dan sayur, dan juga diimbangi dengan olahraga dan istirahat yang cukup,” kata dr. Ch. Hari Nawangsih, Sp.Rad (K), Spesialis Radiologi Konsultan Onkologi Radiasi di RSUP Dr. Kariadi.

undefinedDETEKSI
(alat deteksi dini kanker payudara)

“ Olahraga disesuaikan dengan umur, dan yang murah meriah tanpa biaya adalah lari. Lebih sehat lagi sebaiknya berenang, karena olahraga ini menggerakkan seluruh tubuh,” lanjut dr. Nawang
Dr. Nawang kembali menjelaskan sejumlah faktor yang menyebabkan terjadinya kanker, seperti kanker leher rahim adalah terlalu muda berhubungan seksual. Selain itu juga disebabkan oleh faktor seringnya berganti pasangan.
Pada kanker usus, disebabkan oleh pola makan yang tidak bagus. Tidak hanya orang tua saja, kanker usus juga terjadi pada anak muda. “kanker usus bisa dicegah, yakni dengan mengimbangi makan daging dengan buah dan sayur,” jelasnya.
Selain melakukan pencegahan, upaya yang juga harus dilakukan adalah dengan deteksi dini. Tujuannya, jangan sampai pasien datang dalam keadaan stadium lanjut. Pada stadium lanjut, biaya pengobatan mahal, dan tingkat keberhasilnnya juga tidak memuaskan. Deteksi dini dilakukan agar secepat mungkin dapat membeikan penanganan. Ketika sudah diketahui jenisnya, dapat dilakukan pemeriksaan mengenai penyebaran. Jika tidak ada penyebaran, maka dapat dilakukan operasi. Yang terpenting adalah melakukan pengobatan secara berkesinambungan. Jangan sampai berhenti pada satu proses saja.
Pesan dr. Nawang kepada masyarakat agar berpartisipasi menekan angka kanker, yaitu dengan melakukan tindakan pencegahan, deteksi dini, datang berobat jika terdiagnosa, dan dilakukan dengan berkesinambungan. Dan tetap harus optimis untuk dapat sembuh.
(Fitri-PKRS RSUP Dr. Kariadi)

Navigation