Berita Terbaru


20-10-2017 | Hit : 14

Sebagai salah satu komitmen RSUP Dr. Kariadi terhadap pencegahan penyakit, RSUP Dr. Kariadi bekerja sama dengan Dharma Wanita Provinsi Jawa Tengah beri edukasi mencuci tangan dengan sabun di SD Purwosari 02, Kecamatan Mijen, Kota Semarang.

Direktur Umum dan Operasional RSUP Dr. Kariadi, dr. Arif R. Sadad, SH., SpF., Msi.Med., DHM mengatakan mencuci tangan dengan menggunakan sabun dapat mengurangi resiko terkena penyakit infeksi seperti infeksi saluran nafas, infeksi saluran cerna, maupun penyakit lain yang disebabkan oleh bakteri.

"Mencuci tangan dengan benar dapat mengurangi angka kejadian penyakit. Apalagi budaya orang Indonesia masih banyak yang makan menggunakan tangan, sehingga masyarakat wajib mencuci tangan seoptimal mungkin. Jangan pakai air saja, yang penting pakai sabun atau desinfektan." kata dr. Arif.

Selain bakteri, dengan mencuci tangan menggunakan sabun juga dapat membasmi cacing yang hidup di tangan.

Sementara itu, Istri Gubernur Jawa Tengah, Siti Atikoh Ganjar mengatakan kegiatan edukasi mencuci tangan dengan sabun akan terus dilakukan karena saat ini dimasyarakat masih ada keawaman soal cuci tangan.

"Setiap tahun edukasi dengan peringatan cuci tangan pakai sabun sedunia. Edukasi tak hanya pada anak usia sekolah saja, namun juga pada ibu rumah tangga karena berkaitan ketika memasak dan mendidik anak." ujar Siti Atikoh Ganjar.

Masyarakat pun diharapkan setiap hari minimal mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, sebelum tidur, setelah aktivitas, dan setelah buang air besar dan kecil dengan menggunakan 6 langkah mencuci tangan yang benar, yaitu :

  1. Ratakan sabun dengan kedua telapak tangan
  2. Gosok punggung dan sela sela jari tangan kiri dengan tangan kanan dan sebaliknya
  3. Gosok kedua telapak dan sela jari
  4. Jari jari sisi dalam dari kedua tangan saling mengunci
  5. Gosok ibu jari kiri berputar dalam genggaman tangan kanan dan sebaliknya
  6. Gosokan dengan memutar ujung jari tangan kanan di telapak tangan kiri dan sebaliknya

Navigation