Berita Terbaru


01-10-2018 | Hit : 10

RSUP Dr Kariadi gelar pertunjukan wayang orang dengan tokoh “Srikandi Senopati” di Gedung Ki Narto Sabdo, Taman Budaya Raden Saleh Kota Semarang, Sabtu (29/9). Kegiatan ini dihelat dalam rangka memperingati HUT RSUP Kariadi ke-93 tahun.

undefinedwayanAda sebanyak kurang lebih 47 pemain yang terdiri dari jajaran RSUP Kariadi mulai dari dokter spesialis, konsultan, humas hingga perawat memainkan tokoh dalam pertunjukan wayang orang tersebut.
Singkat cerita diambil dari cuplikan Barata Yudha dalam pertunjukan ini dikisahkan tokoh Srikandi yang merupakan seorang ksatria wanita ditunjuk oleh Pandawa untuk melawan Kurawa. Menurut perhitungan strategi Betara Kresna yang pantas untuk bisa mengalahkan Bisma adalah Srikandi.
Direktur SDM RSUP dr Kariadi, Dr dr Dodik Tugasworo Sp S(K) mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian RSUP Kariadi dalam menguri-nguri budaya jawa khususnya wayang orang.
“Kita bekerja sama dengan Wayang Orang Ngesti Pandawa sudah mengadakan 2 kali pementasan. Jadi kegiatan ini dalam rangka HUT RSUP Kariadi ke- 93 tahun,”ungkapnya.
Dodik menjelaskan melalui pertunjukan wayang orang ini pihaknya ingin menyelipkan pesan-pesan mengenai kesehatan kepada masyarakat. Menurutnya selain upaya dalam nguri-nguri budaya jawa, wayang orang ini sebetulnya adalah suatu cara komunikasi yang cukup efektif untuk mempromosikan sektor kesehatan atau sektor lainnya.
“Untuk itu saya rasa sangat baik sekali kerjasama kami dengan pihak Ngesti Pandawa. Harapan ke depannya kami dapat melayani masyatakat terutama bagi masyarakat yang kurang mampu sehingga RSUP Kariadi dapat bermanfaat untuk masyarakat dan bangsa Indonesia,” pungkasnya.
Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara acara dr Gunawan Santoso menuturkan dalam rangka HUT Kariadi ada banyak rangkaian kegiatan antara lain lomba-lomba bakiak, voli, badminton dan banyak lagi.
“Tepat pada tanggal 9 September lalu kami mengadakan syukuran di Balai Kota Semarang bersama Pak Wali (Hendrar Prihadi red.) dan oertunjukan wayang orang malam ini adalah sebagai rangkaian penutup acara,” tukasnya.

Navigation