Berita Terbaru


13-04-2018 | Hit : 23

RSUP DR. KARIADI Peduli Kesehatan Ginjal Wanita

Sahabat sehat, ginjal merupakan organ tubuh berbentuk seperti kacang merah yang letaknya di bawah tulang rusuk. Organ tubuh yang satu ini mempunyai peran yang penting dalam menyaring racun yang ada dalam tubuh. Selain itu ginjal berfungsi untuk menjaga keseimbangan garam dan mineral, juga memproduksi renin pengatur tekanan darah. dr. Ayudyah Nurani,SpPD mengatakan bahwa peringatan Hari Ginjal Sedunia bertepatan dengan momentum hari perempuan, mengingatkan betapa pentingnya para perempuan untuk menjaga kondisi ginjalnya.

undefined75eda834-0510-479c-84a0-4347b1681831

Gambar : Dokter Spesialis RSUP Dr. Kariadi mengadakan Talkshow Tentang Kesehatan Ginjal di TVRI Jawa Tengah.

“Persentase terkena gangguan ginjal sebenarnya sama pada perempuan maupun laki-laki. Hanya saja pada perempuan ada kondisi tertentu yang membuatnya lebih rentan. Misalnya pada saat kehamilan, terjadi gangguan kehamilan, kemudian jika ada penyakit autoimun yang muncul,” kata dokter yang bekerja di RSUP Dr. Kariadi ini.

Berdasarkan penelitian, sedikitnya 195 juta orang di dunia mengalami penyakit ginjal akut, dan menjadi urutan ke 8 sebagai penyebab kematian wanita. Sahabat sehat, kinerja organ ginjal akan lebih berat pada wanita yang sedang hamil. Dan kondisi-kondisi yang terjadi pada wanita, seperti gangguan kehamilan, kanker serviks, dan lupus membuat wanita lebih rentan terhadap penyakit ginjal. Gangguan kehamilan tersebut adalah pre-eklamsia, suatu komplikasi kehamilan serius dengan tekanan darah sangat tinggi pada ibu.  “Wanita mengalami kehamilan dan jika ada komplikasi bisa demikian beratnya hingga bisa mengancam keselamatan nyawanya hingga bayinya, “ kata dr. Ayudyah.

Pada wanita usia produktif atau di usia subur, gangguan ginjal ini dapat menyebabkan keguguran atau matinya janin. Sehingga mari para wanita khususnya untuk mulai menjaga pola hidup yang sehat sebagai langkah pencegahan, yaitu dengan olahraga teratur, membiasakan diri konsumsi air putih minimal 2 liter sehari, perbanyak konsumsi sayur dan buah, hindari makanan berlemak, hindari merokok, minuman beralkohol berlebihan. Dan sahabat sehat, pantau terus kondisi kesehatan tubuh dengan melakukan check up kesehatan rutin minimal setahun sekali, lakukan pemeriksaan kesehatan yang berkala ke dokter. Yang harus diperiksa berkala antara lain gula darah, urine lengkap, kolesterol, LDL-kolesterol dan trigliserid.

(FITRI-PKRS RSUP Dr. Kariadi)

 

Navigation