Berita Terbaru


31-01-2019 | Hit : 41

Bulan Februari 2019 merupakan bulan dimanapada tgl 4  akan diperingati sebagai hari Kanker Sedunia.

 undefinedpin

ISU UTAMA HARI KANKER SEDUNIA 2019

• Kesadaran, pemahaman, mitos, dan misinfomasi
Peningkatan kewaspadaan dan akurasi informasi dan pengetahuan dapat memberdayakan masyarakat untuk mengenali tanda gejala awal, dan menentukan pilihan untuk kesehatannya dan mengatasi ketakutan serta salah persepsi tentang kanker.

• Pemerataan akses terhadap pelayanan kanker
Diagnosis kanker dan tindakan yang tepat harus merata bagl semua orang, tanpa memandang status sosial, pendidikan, dan ekonomi. Dengan pemerataan, kita dapat menyelamatkan jutaan nyawa.

• Dampak terhadap pemblayaan dan ekonomi
Telah banyak bukti meyakinkan untuk berinvestasi pada sumber daya untuk pengendallan kanker. Investasi finansial menjadi efektlf dan efislen untuk menghemat triliunan uang dunia untuk biaya pengobatan kanker dan meningkatkan kesintasan, produktivitas, dan kualitas hidup.

• Upaya dan akuntabifitas pemerintah
Aksi proaktif dan efektif di tingkat perencanaan kesehatan nasional sangat mungkin dan dapat dllakukan di setiap negara, dan jika pemerintah mengambil langkah untuk menurunkan dan mencegah kanker, negara tersebut telah menempatkan diri di posisi yang kuat untuk maju secara sosial dan ekonomi.

• Lebih dari sekedar fisik: dampak mental dan emosional

Kualitas pelayanan kanker termasuk martabat, kehormatan, dukungan, cinta, dan perhatian, tidak hanya terhadap fisik namun juga emosional, seksual, dan kesejahteraan sosial dari tiap individu dan pendamping.

• Pencegahan dan penurunan risiko
Sekurang-kurangnya sepertiga kanker dapat dicegah menjadl alasan yang kuat untuk memilih hidup sehat dan strategi pencegahan untuk semua orang sehingga kita mendapatkan kesempatan untuk mencegah dan menurunkan risiko pada diri sendirl.

• Mengurangi kesenjangan keterampilan
Tenaga kesehatan yang terampll dan berwawasan adalah cara yang paling tepat untuk memberikan layanan kanker yang berkualitas. Mengatasi ketimpangan dan kekurangan tenaga kesehatan profesional adalah cara yang paling Jelas untuk menurunkan kematian prematur akibat kanker.

• Bekerjasama sebagai sebuah kesatuan
Kolaborasi strategis dengan melibatkan organisasi masyarakat, perusahaan, pemerintah daerah, agensi, institusi pendidikan dan penelitian adalah langkah yang kuat untuk menyebarkan kewaspadaan dan dukungan, merubah komitmen politik menjadi aksi dan memberikan solusi yang komprehensif. Upaya terpadu menuntun kearah aksi yang kuat.

Navigation