Berita Terbaru


12-12-2017 | Hit : 98

RSUP Dr.Kariadi Berikan Pelatihan Hospital Disaster Plan Di RS Graha Husada Jepara
Semarang-(12/12) RSUP Dr.Kariadi memberikan pelatihan Hospital Disaster Plan kepada RS Graha Husada Jepara selama dua hari berturut-turut.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada salah satu rumah sakit di Jepara ini dalam mempersiapkan penanganan bencana yang bisa terjadi setiap saat. Kesiapan setiap individu yang ada di fasilitas kesehatan mutlak diperlukan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang sedang berada di lingkungan rumah sakit.


Selain pelatihan berupa materi, juga diadakan simulasi kebakaran di salah satu ruangan perawatan RS Graha Husada Jepara, tepatnya di ruang rawat inap amarta. Disimulasikan bahwa telah terjadi kebakaran disalah satu ruangan yang mengaktifkan kode merah (red code) untuk segera memadamkan api, kecepatan dan ketepatan dalam bertindak sangat diperlukan agar api tidak membesar. Evakuasi juga diperlukan ketika api tidak dapat dipadamkan menggunakan APAR.


Kerjasama antar individu dalam bertindak juga sangat menentukan berhasilnya sebuah bencana di jinakkan. Pembagian tugas setiap orang dibedakan melalui jenis warna helm yang dikenakan, sehingga koordinasi menjadi lebih mudah dan teratur.


Dalam pelatihan yang diikuti sebanyak 30 orang ini menjadi bahan evaluasi rumah sakit untuk memperbaiki dan melengkapi baik sarana prasarana yang diperlukan maupun orang yang terlibat dalam menghadapi sebuah bencana.


Direktur RS Graha Husada, Dr. Henny Dyah Lisiana, M.Kes berharap dengan adanya pelatihan yang dibimbing oleh RSUP Dr. Kariadi ini menjadi bahan pembelajaran, baik dari segi teori maupun implementasi. Dr. Henny juga percaya jika RSUP Dr. Kariadi merupakan pembimbing yang tepat karena telah terbukti Lulus Akreditasi baik Nasional maupun Internasional.


“RS Graha Husada Jepara ini membutuhkan bimbingan dari banyak pihak, dan RSUP Dr. Kariadi menjadi pilihan yang tepat bagi kami, karena terbukti mempunyai banyak ilmu yang bisa kami serap dan semoga bisa diimplementasikan segera.” Ucap dr. Henny dalam sambutannya.


RSUP Dr. Kariadi melalui Dr. R.P. Uva Utomo, MH, Sp.KF selaku pembimbing langsung dalam kegiatan ini memberikan pelatihan sekaligus bekal dalam menghadapi ancaman bencana. Rumah Sakit harus siap dalam menghadapi berbagai kejadian diluar rutinitas sebagai insan kesehatan.
Melalui pelatihan ini, Dr Uva berharap nantinya RS Husada Jepara mampu mengembangkan sesuai kebutuhan rumah sakit demi terciptanya rasa aman dan nyaman bagi semua orang yang berada di lingkungan rumah sakit. (Suprih – Humas RSUP Dr. Kariadi)

Navigation