Berita Terbaru


17-02-2017 | Hit : 90

Seminar Awam  Kanker dan Gizi RSUP Dr. Kariadi

RSUP Dr. Kariadi mengadakan seminar awam tentang kanker dan gizi pada Kamis, 16 Feb 2017 di Aula Diklit.

Seminar awam ini diadakan dalam rangka memperingati hari kanker sedunia dan kanker anak sedunia tahun 2017 serta memperingati hari gizi nasional 2017. Sebagai narasumber dalam acara ini adalah dr. Edi Ambari Sp.OG(K) yang memaparkan materi mengenai seluk beluk kanker servik atau kanker leher rahim, pengetahuan masyarakat tentang pencegahan kanker  dirasa masih kurang disadari, sehingga banyak kasus kanker baru diketahui pada stadium lanjut, padahal menurut dr Edi Ambari, jika keberadaan pra kanker diketahui sejak dini, penyakit kanker dapat dicegah secara total.

Untuk itu sangat penting bagi masyarakat menyadari pentingnya memeriksakan diri ke dokter, untuk melakukan screening secara rutin, misalnya dengan IVA,  PAP Smear atau metode lainnya.

Selain itu hadir sebagai pembicara tentang kanker payudara adalah dr. Yan Wisnu Prajoko M.Kes spesialis Bedah Tumor, yang memaparkan risiko-risiko yang dapat menyebabkan kanker, dan juga cara pencegahannya yaitu salah satunya adalah dengan memperhatikan asupan gizi yang kita konsumsi setiap harinya, dalam hal ini Dr. Niken Puruhita lebih jauh lagi mengulas tentang peranan gizi dalam mengelola pasien kanker. Tentu saja seminar ini mendapat sambutan yang sangat antusias dari para pesertanya, yaitu para kader PKK Se-Kota Semarang.

Para ibu yang selama ini menjaga dan merawat keluarga sudah semestinya mendapat pengetahuan yang cukup, karena peran vital seorang perempuan dalam hal ini adalah seorang ibu tidak tergantikan. Dr.Bambang Sudarmanto,Sp. A(K) MARS. sebagai Ketua Panitia Pelakasanaan peringatan hari kanker RSUP Dr. Kariadi mengajak para kader PKK di Kota Semarang untuk ambil bagian dalam kampanye peduli kanker dengan meyebarkan pengetahuan yang telah didapat dalam acara seminar ini kepada ibu-ibu anggota PKK yang lain dengan harapan semakin banyak ibu-ibu yang sadar tentang kanker, akan semakin banyak pula masyarakat yang terhindar dari penyakit ini.

Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Dr. Kariadi, Dr. Darwito, Sp.B,Sp.B(K)Onk siap mendukung demi tercapainya masyarakat yang sehat, kepedulian masyarkat dan Rumah Sakit hendaknya menjadi kata kunci dalam menciptakan Indonesia yang bebas kanker.

Navigation