Pelatihan, Seminar, Workshop, Lomba


10-06-2013 | Hit : 1930

Sejumlah peserta seminar stroke RSUP Dr. Kariadi terlihat sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian acara yang diadakan di gedung diklat RSUP Dr. Kariadi 8 Juni 2013. Seminar ini merupakan wujud kepedulian Rumah Sakit yang melihat jumlah penderita stroke semakin meningkat. 

 

Animo masyarakat dalam seminar ini sangat besar, selain usia yang beragam, seminar ini diminati berbagai kalangan profesi. Dengan tema "Stroke, bukan akhir dari segalanya", Rumah sakit berupaya memberikan edukasi terhadap masyarakat khususnya penderita Stroke untuk tetap bersifat optimis dan pantang menyerah.

 

Dalam seminar tersebut hadir Direktur Medik dan keperawatan RSUP Dr. Kariadi,  Dr. Bambang Sudarmato, Sp.A (K) yang membuka acara seminar, dalam sambutannya beliau menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan dan gaya hidup, salah satunya adalah dengan pemeriksaan darah secara rutin. Dengan pemeriksaan darah maka kita dapat mengetahui dan mengantisipasi adanya penyakit yang ada di dalam tubuh kita. 

 

Seminar Stroke
Tiga narasumber seminar Stroke kali ini adalah Dr. Maria Belladonna Rahmawati Sugianto, Sp.S, MSi.Med, Dr. Robby Tjandra K,  Sp.KFR dan Dr. Niken Puruhita, M.Med,Sc. 
 

Dr. Maria secara detail menjelaskan apa itu stroke, mengapa bisa terjadi dan bagaimana penanganan penderita stroke, beliau menyampaikan bahwa setelah menderita stroke seseorang cenderung akan pasif, oleh karena itu sangat penting bagi penderita maupun keluarga selalu bersikap tetap optimis, semangat  berfikir positif, Tidak menyalahkan siapapun, tidak memutus hubungan silaturahmi, Jalani hidup dengan santai,cukup istirahat dan ingat selalu untuk tingkatkan ibadah.

 

Melanjutkan penjelasan tersebut diatas, Dr. Robby memaparkan tentang rehabiliatasi medis terhadap penderita stroke, Pada rehabilitasi pasien pasca stroke, semua anggota tim sangat berperan dalam menunjang keberhasilan kembali kemampuan fungsional, memerlukan latihan yang teratur dalam waktu lama, biaya yang cukup besar, dan kerja sama yang baik antara dokter, perawat, terapis, pasien dan keluarganya. 

 

Aspek gizi merupakan hal penting yang harus dicermati, baik untuk mencegah penyakit stroke ataupun mengobati stroke, Dr. Niken dalam materinya beberapa kali menyebutkan makanan berlemak dan berminyak sering menjadi penyebab terjadinya penimbunan lemak yang ujung-ujungnya akan semakin meningkatkan faktor resiko terjadinya hipertensi dan stroke. Oleh karena itu beliau sangat menghimbau untuk memperhatikan kadar garam dan lemak dalam setiap makanan yang kita konsumsi. Tubuh sangat membutuhkan energi dan serat dalam kehidupan manusia, namun seringkali makanan yang tersedia dipasaran sekarang ini sangat rendah serat namun tinggi lemak, itulah sebabnya penyakit stroke dapat menyerang di semua usia jika gaya konsumsi makanannya tidak sehat.

 

Selain mendengarkan ceramah dan berkonsultasi langsung dengan nara sumber, para peserta seminar juga melihat dan memperagakan secara langsung gerakan senam stroke. pengalaman yang sangat luar biasa dirasakan para peserta seminar, mereka bisa melihat para peraga senam yang telah berhasil sembuh setelah di rawat di instalasi rehabilitasi medik RSUP Dr. Kariadi.  Setelah acara berakhir di bentuk komunitas stroke yang diprakarsai oleh RSUP Dr. Kariadi. Pihak rumah sakit berjanji akan memfasilitasi kegatan-kegiatan yang akan diadakan komunitas ini. harapan kedepanyya adalah Masyarakat semakin peduli dengan kesehatan dan secara khusus memberikan dukungan moral bagi penderita stroke. Foto kegiatan >>

Navigation