Artikel Kesehatan


24-10-2018 | Hit : 45

Temu Pelanggan Perawatan Paliatif RSUP Dr. Kariadi “Karena Saya Peduli”

 

Sabtu 13 Oktober 2018,  dalam rangka Hari Paliatif se Dunia tahun 2018 RSUP Dr. Kariadi mengadakan temu pelanggan. Acara yang beri tema “Karena Saya Peduli” tersebut dihadiri perwakilan dari Puskesmas, kader PKK di kota Semarang dan juga keluarga pasien yang saat ini sedang dirawat di RSUP Dr. Kariadi.

Paliatif sekarang menjadi salah satu bentuk layanan kesehatan di Rumah Sakit yang baru tren atau kecenderungannya semakin meningkat, karena sekarang telah terjadi pergeseran penyakit.

Kalau dulu penderita penyakit infeksi cukup banyak, tetapi sekarang justru yang terbanyak adalah penyakit-penyakit yang membutuhkan sumber daya pembiayaan yang cukup besar. Diantaranya adalah penyakit regeneratif, penyakit keganasan, dan penyakit metabolik.

Hal tersebut dikemukakan Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Dr. Kariadi Semarang, dr. Agoes Oerip Poerwoko, SpOG(K) MARS, dalam sambutannya pada acara tersebut.

Terkait perawatan paliatif, lebih lanjut dr. Agoes  menjelaskan, hal ini dapat dilakukan dengan cara pendekatan dari sisi psikologis, mental dan spiritual pasien. Dengan demikian, pasien akan merasa lebih tenang dan nyaman ketika menjalani pengobatan.

Acara dilanjutkan  talkshow oleh pembicara dari Tim Paliatif RSUP Dr. Kariadi Semarang dan sesi diskusi tanya jawab dengan para peserta yang hadir saat itu.

(Yersinanda – Staff Humas RSUP Dr. Kariadi Semarang).

Navigation