Artikel Kesehatan


28-12-2017 | Hit : 96

TUMOR OTAK

Oleh : Rahmi Ardhini

KSM Neurologi RSUP Dr. Kariadi Semarang

Tumor otak merupakan pertumbuhan sel-sel otak maupun jaringan di sekitarnya secara abnormal di dalam otak. Tumor otak merupakan problem kesehatan yang serius di seluruh dunia, yang dapat menyerang siapa saja mulai dari anak-anak maupun orang dewasa. Tumor otak dan susunan saraf pusat lainnya merupakan jenis kanker kedua terbanyak pada anak-anak setelah leukemia dan ketiga terbanyak pada usia remaja sampai dewasa muda.

Tumor otak dibagi menjadi dua jenis yaitu jinak dan ganas. Sebagian berasal dari jaringan tumor itu sendiri (tumor primer), atau berasal dari penyebaran dari tempat lain dan berkembang di dalam otak (sekunder/ metastasis). 32% dari tumor otak bersifat ganas. Penyebaran tumor ke dalam otak paling berasal kanker paru dan payudara. Meskipun bersifat jinak, tumor otak sangat membahayakan karena terbatasnya ruangan di dalam tengkorak kita sehingga dapat memberikan tekanan dan merusak jaringan di sekitarnya.

 

GEJALA

Gejala tumor otak berbeda-beda dipengaruhi oleh lokasi, ukuran, dan kecepatan pertumbuhan tumor. Gejala yang dapat timbul pada tumor otak antara lain:

  • Nyeri kepala kronis progresif (makin lama bertambah berat), terutama di pagi hari
  • Muntah
  • Gangguan penglihatan
  • Kejang
  • Gangguan perilaku
  • Gangguan bahasa atau berbicara
  • Kelemahan wajah dan anggota gerak sesisi
  • Gangguan keseimbangan
  • Gangguan kontrol berkemih dan buang air besar
  • Dll

 

PENYEBAB

Penyebab utama tumor otak belum dapat diketahui hingga kini. Terdapat beberapa factor risiko yang diyakini dapat memicu tumor otak antara lain faktor genetik, keturunan, faktor lingkungan dan efek samping radiasi, serta banyak faktor lainnya yang dapat berkontribusi.

 

JENIS TUMOR OTAK

  1. Tumor otak primer : tumor yang berasal dari sel otak dan jaringan di sekitarnya, meliputi sel otak, saraf kranial, selaput otak, pembuluh darah, dan kelenjar

Misalnya glioma, neuroma akustik, meningioma, kraniofaringioma, medulloblastoma, dll.

  1. Tumor otak sekunder : tumor yang berasal dari tumor di tempat lain di luar otak yang menyebar ke dalam otak, paling banyak yaitu berasal dari paru, payudara, usus, dan keganasan darah.

 

DIAGNOSIS

Diagnosis tumor otak ditegakkan dari gejala klinis yang dialami pasien, pemeriksaan fisik neurologi dan pemeriksaan penunjang, antara lain elektroensefalografi, analisis cairan otak, CT (Computed Tomography) Scan kepala, MRI (Magnetic Resonace Imaging) kepala, dan PET (Positron Emission Tomography).

 

PENGOBATAN

Pengobatan tumor otak tergantung dari lokasi tumor, ukuran dan jenis tumor. Jenis pengobatan yang dapat dilakukan adalah :

  1. Operasi, dengan tujuan mengangkat sel tumor sebanyak mungkin.
  2. Radioterapi, bertujuan untuk mengurangi ukuran tumor dan mematikan sel-sel tumor
  3. Kemoterapi, berfungsi seperti radioterapi
  4. Radiosurgery, dilakukan pada tumor yang sulit dijangkau atau apabila tindakan operasi akan banyak merusak sel di sekitarnya.
  5. Obat-obatan, bersifat simtomatik yaitu mengurangi gejala-gejala yang disebabkan oleh tumor.

 

PROGNOSIS

Prognosis (prediksi hasil akhir dari suatu penyakit) tumor otak tergantung jenis sel tumor yang diketahui dari hasil pemeriksaan patologi anatomi sel tumor. Tumor otak jinak akan mempunyai prognosis yang lebih baik daripada yang bersifat ganas.

Navigation

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'mysql' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: