Berita Terbaru


28-02-2019 | Hit : 50

WASPADA TANDA-TANDA KANKER PAYUDARA

Oleh KSM Ilmu Penyakit Dalam RSUP dr.Kariadi

undefinedca Ma

Sabat sehat, kanker payudara merupakan jenis kanker pembunuh nomor dua wanita Indonesia setelah kanker serviks (kanker mulut atau leher rahim). Oleh karenanya penyakit ini perlu diwaspadai. Menurut WHO setiap tahun ada 700.000 wanita di seluruh dunia yang meninggal karena penyakit kanker payudara ini.

Kanker jenis ini paling sering terjadi pada wanita. Kanker ini terjadi pada 1 dari 8 wanita di dunia. Hal ini dapat diatasi dengan menurunkan faktor risiko Anda. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Ciri-ciri kanker payudara yang paling khas adalah munculnya benjolan di payudara. Benjolan yang merupakan kanker payudara memiliki tekstur yang keras dengan batas yang tidak jelas dan permukaannya yang tidak rata. Benjolan juga terus menetap 8 hingga 10 hari usai menstruasi. Bila benjolan yang merupakan kanker payudara dekat dengan puting susu, akan terlihat bahwa puting susu tertarik ke dalam dan agak susah digerakkan (lengket).

Selain munculnya benjolan, tanda dan ciri-ciri kanker payudara yang dapat Anda kenali lainnya adalah:

  • Perubahan ukuran, bentuk, atau tampilan dari payudara.
  • Perubahan bentuk pada puting payudara.
  • Rasa sakit pada payudara yang tak kunjung hilang, bahkan ketika Anda sudah masuk ke masa haid bulan berikutnya. Meski begitu, beberapa wanita juga ada yang tidak mengalami rasa sakit atau nyeri di payudaranya.
  • Puting mengeluarkan cairan bening, berwarna cokelat, atau kuning.
  • puting tiba-tiba memerah dan bengkak tanpa diketahui penyebabnya.
  • Bengkak di sekitar ketiak yang disebabkan karena pembesaran kelenjar getah bening di daerah tersebut.
  • Pembuluh vena terlihat pada payudara, akibatnya urat-urat di bagian payudara terlihat dengan jelas.
  • Pada stadium lanjut mulai tampak adanya kelainan pada kulit payudara (seperti kulit jeruk atau kulit menjadi kemerahan), terkadang kulit juga jadi mencekung seperti lesung pipi karena tertarik oleh benjolan.

Apabila Anda mengalami atau mencurigai salah satu gejala dan ciri-ciri kanker payudara seperti yang telah disebutkan di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Hal ini dilakukan supaya Anda mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda. Dengan tanggap terhadap ciri-ciri kanker payudara, maka peluang Anda untuk sembuh dari penyakit ini juga semakin besar.

Mungkin terdapat beberapa tanda atau gejala kanker payudara yang belum disebutkan. Jika Anda ingin mengetahui ciri-ciri kanker payudara lebih lanjut, konsultasikan dengan dokter Anda. (Tim PKRS RSUP dr.Kariadi)

 

Navigation