Berita Terbaru


10-10-2017 | Hit : 44

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini PERKI Semarang, bersama KSM Jantung dan Pembuluh Darah RSUP Dr. Kariadi menyelenggarakan beberapa acara utuk memperingati World Heart Day(WHD) 2017

Rangkaian acara WHD 2017 meliputi pelatihan bantuan hidup dasar bagi orang awam, sosialisasi kesehatan jantung di Bundaran Simpang Lima Semarang, lomba desain poster mengenai pencegahan penyakit jantung, serta diakhiri dengan seminar untuk dokter dan paramedis mengenai update tentang Sindrom Koroner Akut.

WHD 2017 mengangkat tema “Share the Power”, diharapkan kegiatan tahun ini dapat memberikan edukasi dan semangat pada masyarakat untuk melakukan perubahan-perubahan kecil seperti pola makan yang sehat, aktifitas fisik yang cukup, dan berhenti merokok untuk meningkatkan kesehatan jantung. Dengan tema ini juga diharapkan memberi dampak pada negara-negara berkembang untuk juga concern mengenai kesehatan jantung karena saat ini hampir 80% kasus kematian akibat penyakit kardiovaskular terjadi di negara berkembang.

Acara puncak WHD 2017 diadakan dalam bentuk seminar medis untuk dokter dan perawat, dengan tema Acute Coronary Syndrome: Prevention, Current Management, and Rehabilitation. Bertempat di gedung Diklat RSUP Dr. Kariadi Semarang. Acara ini diikuti oleh hampir 350 orang peserta yang terdiri dari dokter, perawat, dan paramedis lainnya.

Pada seminar kali ini dibahas mengenai pentingnya kecepatan dan alur dari diagnosis hingga tatalaksana sindrom koroner akut. “Time is muscle”, begitu kata dr. Sodiqur Rifqi SpJP (K) FIHA. Dengan seminar ini diharapkan meminimalisir delay atau penundaan-penundaan yang mungkin dapat timbul dalam alur pelayanan dan manajemen pasien sindrom koroner akut.

Seminar kali ini tidak hanya menitikberatkan pada Diagnosis dan Tatalaksana Penyakit Jantung Koroner, namun juga mengenai Rehabilitasi pada penyakit Jantung, khususnya pada pasien penderita Sindrom Koroner Akut. Topik ini dibawakan oleh Dr.dr.Basuni Radi, SpJP(K) FIHA yang khusus diundang dari Jakarta untuk berbagi ilmunya. Selain itu topik lain seperti Manajemen Nutrisi pada pasien penderita Sindrom Koroner Akut juga ikut dibahas. Tak ketinggalan topik mengenai manajemen keperawatan pada pasien penderita Sindrom Koroner Akut ikut dibawakan oleh Junait S.Kep Ns.

Navigation