Rujukan Nasional



22-08-2018 | Hit : 4636

Kinerja Pelayanan

Kunjungan setiap harinya rata-rata 300 pasien radiasi eksternal dan 5 pasien brakiterapi. Jenis penyakit kanker yang dilakukan radioterapi terbanyak adalah: kanker payudara, kanker leher rahim, kanker rahim, kanker nasofaring, kanker paru, kanker usus, kanker otak, kanker kelenjar getah bening, kanker prostat, kanker kandung kemih dan kanker kulit. Selain melakukan radiasi terhadap pasien, bersama tim onkologi melakukan radiasi komponen darah sebagai bagian dari program cangkok sumsum tulang dan bersama tim ortopedi melakukan radiasi tulang (extracorporeal bone irradiation) pada kanker tulang stadium dini untuk menghindari amputasi tulang yang terkena kanker. 

Kelompok Klinis sesuai kekhususan area kanker (Site spesific clinical reference groups)pada setiap Klinik diatas dipimpin seorang ketuaKlinik yang kemudian akan mengikuti selama perawatan pasien selanjutnya.
Untuk meningkatkan peran keluarga dan pasien dalam pengambilan keputusan perawatan yang tepat untuk penyakitnya maka ditunjuk seorang Koordinator alur pelayanan pasien yang bekerja dibawah arahan Ketua Kelompok Klinis Kanker. Koordinator alur pelayanan pasien kanker bertanggung jawab untuk mengatur perawatan pasien dan memastikan pasien dengan kanker harus dikelola dalam tim multimultidisiplin.
Koordinator Alur Pasien
Diagnosis kanker seringkali merupakan pengalaman yang mengubah hidup pasien dan keluarga mereka. Koordinator Jalur Pasien membantu meringankan beberapa stres terkait dan memberikan dukungan kepada pasien, keluarga dan menunjuk perawat pendampingbila diperlukan selama masa sulit ini. Koordinator Alur Pasien bertanggung jawab untuk menjadi advokat pasien selama seluruh perawatan pasien, mengawasi semua tahap penegakan diagnosis kanker dan perawatan selanjutnya yang akan diberikan.
Tugas Koordinator Alur Pasien:
• memberikan konseling, pendidikan, dukungan dan saran kepada pasien, keluarga dan perawat pendamping,
• memfasilitasi akses cepat ke dokter kanker spesialis, diagnosis dan pengobatan tepat waktu dan efektif,
• memandu pasien melalui pertemuan klinik, pemeriksaan dan rencana perawatan pasien rawat jalan, dan mendukung selama pasien dirawat inap,
• Menghadiri dan berkontribusi pada diskusi dan keputusan tim multi-disiplin tentang rencana perawatan pasien,
• bertindak sebagai sumber untuk staf perawatan kesehatan di layanan kesehatan primer dan layanan kesehatan lainnya untuk koordinasi perawatan pasien,
• memberikan nomer kontak kepada pasien, keluarga saat mereka pulang, sehinggamembantu memastikan konsistensi informasi.
Pasien, keluarga dan perawat mereka selalu berada di pusat segala hal yang dilakukan Koordinator Jalur Pasien.

Koordinator Tim Multi Disiplin
Koordinator Tim Multi-Disiplin (TMD) adalah pemain kunci dalam memastikan kelancaran pertemuan tim multi-disiplin.
Pertemuan TMD terdiri dari para profesional medis dari berbagai spesialisasi yang bertemu sebagai kelompok untuk memutuskan rencana pengobatan terbaik untuk setiap pasien kanker baik yang telah tegak diagnosis maupun masih tersangka kanker.
Tugas Koordinator TMD:
• menyediakan agenda yang disepakati dengan tenggat waktu yang jelas untuk penyampaian kasus agar dokter dapat mempersiapkan dengan baik untuk mendiskusikan kasus dalam pertemuan tersebut,
• menyediakan informasi yang paling akurat dan relevan sebagai dasar persiapan kasus pasien.
• membuat catatan resmi tentang rencana dan rekomendasi pengobatan TMD yangdiusulkan,
• memastikan bahwa setiap informasi yang dihasilkan dari TMD diarahkan ke sistem yang sesuai seperti registri kanker, catatan pasien, Catatan Medis Elektronik (EMR), dan database TMD,
• mendukung Koordinator Alur Pasien dalam meninjau dan melacak kemajuan pasien yang dibahas dalam pertemuan TMD.
Koordinator TMD membantu para dokter melalui pertemuan TMD untuk melayani pasien dan keluarga dengan sebaik-baiknya.
Diusulkan Koordinator Alur Pasien dan Koordinator TMD tersedia pada hari Senin sampai Jumat mulai pukul 07.00 sampai pukul 15.30 dan mempunyai akses mobile phone yang selalu standby.

Navigation