Rujukan Nasional



28-05-2018 | Hit : 4052

Profil

Instalasi Onkologi Terpadu melayani secara tepadu dalam satu gedung untuk pasien onkologi yang tidak menjalani pembedahan, dipimpin oleh seorang klinisi dengan kompetensi pelayanan kanker ditunjuk untuk mengorganisasi dan mengkoordinasikan keseluruhan pelayanan kanker yang ada di Instalasi tersebut. Pelayanan lain yang menunjang yaitu Psikiater, Fisioterapi, Keperawatan, Gizi Klinik, Terapi Wicara, dan pelayanan sosial (social worker) juga ditempatkan di Instalasi Onkologi Terpadu.


Penatalaksanaan pasien kanker sebelum ada gagasan pengelolaan secara Multidisiplin dipahami melibatkan rujukan pasien dari satu dokter ke dokter lainnya pada berbagai tahap diagnosis dan perawatan tanpa pendekatan terpadu, dan menjadi pengalaman yang luar biasa membingungkan bagi pasien. Hal ini mengakibatkan perawatan pasien yang tidak terkoordinasi dan kepuasan pasien rendah.

Pendekatan pelayanan kanker secara multidisiplin yang khas harus mencakup: Clinical leader, koordinator tim / sekretaris, ahli bedah, ahli onkologi, ahli radiologi, ahli patologi anatomi, spesialis perawat klinis dan perawat paliatif.

 

Tim multidisiplin meningkatkan kepuasan pasien dengan mendorong masukan dari keluarga dan teman dekat pasien akan membantu pasien membuat keputusan pengobatan.Dengan pendekatan multidisiplin maka waktu antara diagnosis dengan awal pemberian terapi menjadi memendek.Anggota tim multidisiplin secara berkala mengadakan pertemuan yang sangat efektif. Pendekatan secara multidisiplin ini secara keseluruhan meningkatkan kualitas perawatan pasien kanker dan efektif biaya. Penatalaksanaan tim multidisiplin pasien kanker umumnya memperbaiki outcome pasien.


Salah satu keputusan yang dihasilkan dari diskusi multidisipliner lebih akurat dan efektif. Pertemuan tim multidisiplin memberikan kepastian atas ketepatan keputusan penanganan yang diberikan. Selanjutnya, melalui diskusi aktif dan tinjauan kasus retrospektif dalam pertemuan, para spesialis mendapatkan pengalaman berharga tentang bagaimana pengobatan dapat dikombinasikan untuk mengoptimalkan outcome pasien. Manajemen tim multidisiplin memastikan bahwa standar perawatan pasien konsisten. Rapat rutin tim multidisiplin diintegrasikan dalam jadwal kerja para spesialis di Instalasi Onkologi Terpadu dan diberi bobot yang sama untuk setiap siklus perawatan pasien kanker

Navigation