Rujukan Nasional



Profil

Pelayanan Jantung dan Pembuluh Darah (Cardiovascular Center) Rumah Sakit Umum Pusat dr. Kariadi merupakan unit pelaksana teknis pelayanan jantung yang berada dibawah naungan RSUP dr. Kariadi, berdiri pada tanggal 14 September 2006, diresmikan oleh Menteri Kesehatan RI Dr. Dr Fadilah Supari, SpJP (K).

Berdirinya Cardiovascular Center RSDK dilatar belakangi oleh minimnya kapasitas fasilitas pelayanan jantung di Indonesia. Selain itu tingkat kebutuhan masyarakat akan adanya pelayanan jantung secara komprehensif dan terintegrasi semakin bertambah.

Pelayanan Jantung dan Pembuluh Darah RSUP dr.Kariadi merupakan salah satu produk layanan unggulan RS yang diharapkan dapat melakukan pencegahan dan pengobatan penyakit jantung dan pembuluh darah yang semakin meningkat baik kuantitas maupun kualitas khususnya di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya.  Diharapkan dengan adanya Pusat Jantung dan Pembuluh Darah RSUP dr. Kariadi, pelayanan jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular) yang terpadu, bermutu, efisien, efektif dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat dapat diperoleh.

Dengan bentuk fisik berupa gedung 3 lantai, CC-RSDK mempunyai bentuk pelayanan berupa poliklinik rawat jalan jantung dan pembuluh darah (lantai 1), ruang rawat inap jantung (lantai 2 dan 3) yang terdiri dari bangsal jantung dewasa laki-laki, bangsal jantung dewasa wanita, bangsal jantung anak, bangsal jantung VIP dan VVIP, ruang pasca operasi untuk perawatan pasca bedah jantung dan tindakan intervensi jantung yang lain seperti kateterisasi jantung (PCA), pemasangan ring (PCI), pemasangan balon pada katup mitral (BMV), pemasangan alat untuk jantung bocor (ASO, ADO), pemasangan pacu jantung (pacemaker) dll
Ruang pemeriksaan penunjang diagnostik non invasif seperti : ekokardiografi, treadmill test, dan holter monitor dan laboratorium kateterisasi.

Didukung oleh dokter spesialis dan sub spesialis berbagai multidisiplin ilmu, dengan konsep pelayanan terintegrasi dan komprehensif dari tahun ke tahun CC-RSDK mampu menangani kasus yang semakin kompleks. Pada tahun 2016 CC-RSDK telah mampu melakukan tindakan invasif dibidang jantung dan pembuluh darah sebanyak 2.276 tindakan pertahun, tindakan diagnostik non invasif sebanyak 11.709 tindakan per tahun, tindakan operasi bedah jantung sebanyak 277 tindakan pada tahun 2016, pelayanan rawat jalan sebanyak 36.000 kunjungan pertahun.

Komitmen CC-RSDK adalah memberikan pelayanan terbaik bagi pasien, menghasilkan output yang relatif baik dengan tingkat keberhasilan intervensi jantung maupun operasi bedah jantung yang tinggi. 

 

Navigation