Rujukan Nasional



Fasilitas Peralatan

Fasilitas yang disediakan untuk menunjang pelayanan onkologi di Instalasi Onkologi Terpadu meliputi: Pelayanan rawat jalan dan rawat inap radioterapi, kemoterapi serta pelayanan lain yang terintegrasi untuk pelayanan onkologi yaitu: Gizi, Psikologi, Rehabilitasi Medik serta Paliatif, Radiologi intervensi, Radiodiagnostik dan Kedokteran Nuklir dan Psikiatri.

Dengan fasilitas 1 alat brakiterapi, 3 eksternal radiasi cobalt dan 1 Linear accelerator (Linac), setiap hari 250 pasien dilakukan pelayanan radiasi.
Mulai tahun 2017 RSUP dr. Kariadi memiliki alat eksternal radiasi Linac dengan kemampuan IMRT 2, sehingga jumlah alat eksternal radiasi menjadi 6, terdiri dari 3 Linac dan Cobalt 60, serta 1 alat brakiterapi dngan kemampuan 3 Dimensi. Jumlah pasien yang dilayani bertambah menjadi rata-rata 350 pasien setiap hari.

  • Fasilitas Peralatan
    RSUP dr. Kariadi memiliki 6 alat eksternal radiasi dan 1 alat brakiterapi:
    • Simulator berupa CT scan multislice dan 1 simulator konvensional.
    • 1 unit alat eksternal radiasi Linear akselerator (LINAC) multienergy.
    • 2 unit alat eksternal radiasi Linear akselerator (LINAC) single energy, dengan kemampuan intensity modulated radioterapi (IMRT).
    • 3 unit alat eksternal radiasi Cobalt 60, salah satu alat eksternal cobalt 60 mempunyai kemampuan terapi radiasi dengan teknik 3 Dimensi.
    • 1 unit brakiterapi dengan kemampuan 2 dimensi, dilengkapi dengan C-arm dan 3 dimensi, menggunakan simulator CT.
  • Kinerja Peralatan
    Dengan jumlah alat tercukupi, maka daftar tunggu terapi radiasi tidak lebih dari 6 minggu untuk stadium dini, sedangkan untuk kasus yang memerlukan tindakan segera, waktu tunggu maksimal 2 minggu.
    Alat brakiterapi dengan daftar tunggu tidak lebih dari 2 minggu.
    Selain daftar tunggu yang masih dalam toleransi rentang waktu pengobatan, kualitas atau teknik radiasi 3 dimensi (3 D) yang memperhitungkan ketepatan lapangan dan dosis radiasi secara akurat, maka kualitas hidup paska terapi juga menjadi pertimbangan dalam meminimalisir dampak yang mungkin terjadi.

Navigation