news Details

BAHAYANYA MAKANAN SIAP SAJI

Makanan siap saji merupakan makanan yang sangat mudah dan cepat diolahnya sebagai pengganti makanan rumahan. Akan tetapi, makanan siap saji biasanya selalu tinggi akan kandungan gula, lemak, garam, dan kalori. Bahkan, beberapa restoran menggunakan minyak sayur terhidrogenasi untuk menggoreng bahan makanannya. Padahal, minyak tersebut tidak baik untuk tubuh karena mengandung minyak trans yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung

 

Makanan siap saji sangat digemari oleh orang dewasa maupun anak-anak. Baik orang dewasa dan anak-anak yang mengonsumsi makanan tersebut memiliki asupan tinggi terhadap energi, gula, lemak, sodium, lemak jenuh, serta minuman berkarbonasi. Dan asupan yang rendah untuk vitamin A, vitamin C, susu, buah-buahan, dan sayuran.

 

Orang yang memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung, juga harus sangat berhati-hati terhadap makanan siap saji tersebut. Kadar lemak pada makanan ini cukup tinggi, contohnya saja dalam satu porsi kentang goreng dan nugget ayam goreng, terdapat total lemak jenuh sekitar 41 hingga 71 gram. Selain bahaya yang sudah banyak kita ketahui seperti dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, berikut adalah beberapa bahaya lain makanan siap saji bagi tubuh Anda:

 

  • Gangguan Pencernaan

 

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi garam seperti makanan siap saji, akan membuat tubuh Anda menyerap lebih banyak air. Hal itu membuat perut Anda kembung dan membengkak.

 

  • Gangguan Pernapasan

Sebuah penelitian mengatakan bahwa anak-anak yang mengkonsumsi makanan cepat saji setidaknya tiga kali seminggu akan meningkatkan risiko terkena asma dan rinitis. Untuk orang dewasa, makanan cepat saji bisa membuatnya mengalami obesitas. Dan dampak dari obesitas tersebut adalah napas pendek, mengi, dan sleep apnea.

 

  • Pemicu Munculnya Jerawat

 

Biasanya, cokelat dan makanan berminyak adalah makanan pemicu munculnya jerawat, padahal tidak sepenuhnya. Munculnya jerawat dapat disebabkan juga oleh makanan tinggi karbohidrat. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi mampu meningkatkan kadar gula darah yang bisa menjadi pemicu jerawat tersebut.

 

  • Meningkatkan Kadar Insulin

 

Makanan siap saji yang tinggi akan kalori dan karbohidrat tersebut mampu menyebabkan lonjakan gula darah dalam tubuh Anda. Dan hal itu dapat mengubah kadar insulin normal. Jika Anda sering mengonsumsi makanan ini, maka Anda berisiko lebih besar terkena resistensi insulin dan diabetes tipe 2.

 

  • Merusak Gigi

 

Makanan siap saji juga bisa merusak gigi. Ketika Anda mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan gula, bakteri yang berada di mulut Anda menghasilkan asam. Asam ini dapat menghancurkan enamel (email) gigi yang bisa mengakibatkan gigi berlubang. Enamel yang telah hilang tidak bisa diganti, dan kesehatan mulut yang buruk bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

 

Jika Anda sering mengonsumsi makanan siap saji dan ingin terhindar dari beberapa bahayanya, tidak ada salahnya untuk segera konsultasikan kepada dokter. Anda juga bisa mengecek kesehatan Anda dan meminta saran dokter tentang apa yang boleh dan tidak untuk Anda konsumsi sehari-hari.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Martin, L. NIH US National Library of Medicine MedlinePlus (2016). Fast food tips.

Mayo Clinic (2016). Fast food: Tips for choosing healthier options.

 

Pietrangelo, A., Carey, E., & Holland, K. Healthline (2018). The Effects of Fast Food on the Body.

Share:

Tags:

Beri Komentar