news Details

MENGOLAH BUAH DAN SAYUR DENGAN BENAR

Sahabat sehat, Indonesia merupakan negara tropis yang kaya akan ragam bahan pangan hayati. Kekayaan ini menjadikan orang Indonesia dapat mengkonsumsi makanan dengan mudah karena hampir sepanjang waktu dapat menemukan bahan pangan yang beraneka ragam. Termasuk di dalamnya aneka sayur dan buah. Sayur hampir sepanjang waktu dapat tumbuh, sehingga tidak mengganggu asupan konsumsi sayur. Sayuran dan buah-buahan memiliki manfaat bagi tubuh antara lain sebagai sumber vitamin dan serat, dan yang penting adalah menopang kehidupan manusia untuk menjaga agar tubuh tetap sehat.

Buah dan sayur merupakan bahan pangan yang sangat memberi manfaat bagi tubuh. Tarutama untuk mendukung kebutuhan akan vitamin. Vitamin merupakan kelompok senyawa organik yang tidak termasuk dalam golongan protein, karbohidrat maupun lemak. Namun terkadang Perubahan fisiologi menunjuk pada perubahan fisik yang dapat diamati pada buah dan sayur, terutama pascapanen. Keadaan ini akan menentukan tingkat kualitas dari keduanya, sehingga buah dan sayur akan kehilangan kandungan vitaminnya.

Kehilangan vitamin saat memasak dapat dicegah dengan cara:

  1. menggunakan suhu tidak terlalu tinggi,
  2. waktu memasak tidak terlalu lama,
  3. menggunakan air pemasak sedikit mungkin,
  4. memotong dengan pisau tajam, potongan tidak terlalu halus,
  5. panci memasak ditutup,
  6. tidak menggunakan alkali,
  7. air rebusan dapat dimanfaatkan untuk masakan lain.

 

Sayur dan buah merupakan bahan pangan yang penting. Pedoman Umum Gisi Seimbang (PUGS) memberikan rambu-rambu bahwa sayur dan buah harus dikonsumsi dengan porsi: sayur 1.5 – 2 mangkuk, buah 2-3 potong dalam sehari. Kebutuhan ini dipenuhi dengan menyediakan sayur dan buah secara beragam. Agar pemenuhan gizinya dapat maksimal bagi kesehatan maka perlu memperhatikan mutu dan keadaan bahan pangan baik saat dimakan mentah atau dimasak.

 

Share:

Tags:

Beri Komentar