news Details

SOLUSI TEPAT UNTUK JANTUNG SEHAT DAN KUAT

Oleh dr. Safir, Sp.JP, FIHA dari RSUP Dr. Kariadi Semarang

Penyakit kardiovaskular menjadi masalah kesehatan dan penyebab kematian yang utama hampir di seluruh dunia baik di negara maju maupun berkembang. Saat ini diperkirakan sekitar 30 % dari seluruh kematian termasuk 40 % di negara maju dan 28 % di negara berkembang disebabkan oleh penyakit kardiovaskular. Jantung adalah salah satu organ yang mutlak harus dijaga kesehatannya. Gangguan jantung bisa sangat mematikan, oleh karena itu pencegahan menjadi langkah paling bijak untuk menghindari kematian mendadak akibat serangan jantung. Berikut adalah langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan agar jantung tetap sehat dan kuat :

 

  1. Menjaga kolesterol

 

Kolesterol adalah bagian penting dari tubuh sehat yang memproduksi membran sel dan beberapa hormon. Tapi jika terlalu banyak bisa meningkatkan resiko penyakit jantung koroner dan serangan jantung. LDL yang merupakan kolesterol jahat,jika kadarnya terlalu banyak di dalam darah bisa membentuk plak dalam arteri yang membuatnya jadi kurang fleksibel. Jika arteri sempit,akan menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar dan menimbulkan keluhan. Bila plak ini terjadi di arteri koroner dapat mengakibatkan sumbatan di pembuluh darah jantung, dimana suatu saat bisa ruptur (pecah) dan meyebabkan serangan jantung atau stroke. Oleh karena itu membatasi asupan kolesterol yang berlebihan khususnya bagi orang yang mempunyai faktor resiko tinggi dapat menurunkan angka kejadian penyakit jantung dan membuat jantung lebih sehat

 

  1. Tinggalkan rokok

 

Banyak studi menunjukkan rokok adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung koroner, karena bisa meningkatkan tekanan darah, kekentalan darah maupun penyempitan pembuluh koroner. Risiko perokok kena penyakit jantung adalah 2-4 kali lipat lebih besar ketimbang non-perokok, sehingga sangat bijak bagi orang yang ingin menjaga kesehatan jantungnya untuk meninggalkan rokok.

 

  1. Melakukan aktifitas fisik secara teratur

 

Kegiatan seperti berenang, berlari, bersepeda, atau berjalan kaki bisa membantu jantung tetap sehat. Orang berusia di atas 18 tahun sebaiknya meluangkan waktu 30 menit untuk aktivitas fisik dan setidaknya 5 hari dalam seminggu. Aktifitas fisik yang bersifat aerobik diatas sangat membantu untuk meningkatkan oksigenasi jaringan tubuh.

Share:

Tags:

Beri Komentar