news Details

Sahabat sehat, pasti sudah sering mendengar tentang penyakit asam urat. Pernah mendengar juga bahwa emping melinjo merupakan penyebab asam urat kambuh?

Penyakit asam urat adalah bentuk dari penyakit arthritis yang menyebabkan kemerahan, pembengkakan, dan rasa sakit yang datang secara tiba-tiba pada sendi tubuh. penyebab asam urat adalah kadar asam urat itu sendiri yang terlalu banyak di dalam tubuh. Lalu apa yang menjadi penyebab asam urat di dalam tubuh tinggi? Penyebab asam urat terlampau tinggi adalah terlalu sering dan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin. Purin adalah suatu zat kimia yang diproduksi secara alami oleh tubuh, namun terkandung juga di dalam beberapa jenis makanan.

Asam urat merupakan produk sampingan dari purin. Purin dapat ditemukan di berbagai jenis makanan. Terdapat makanan yang mengandung purin tinggi, dan makanan inilah yang harus dihindari oleh penderita asam urat. Salah satu makanan yang tinggi akan kandungan  purin adalah emping melinjo.

Memang benar jika penderita asam urat sebaiknya tidak mengonsumsi emping. Pasalnya, kadar purin dalam 100 gram emping bisa mencapai sekitar 150-800 mg. Jumlah yang cukup tinggi ini tentunya akan memaksa tubuh memproduksi asam urat dalam jumlah yang tidak sedikit untuk memecah purin.

Sahabat sehat selain emping, ada juga beberapa makanan lain yang juga sebaiknya dihindari bagi penderita asam urat karena kaya akan kandungan purin. Seperti, jeroan, kaldu daging, sosis, bebek, burung, ikan sarden, ikan makerel serta makanan laut seperti kerang, udang, serta cumi.

 TIM PKRS RSUP Dr.KARIADI

Share:

Tags:

Beri Komentar