news Details

GIGI TETAP BERSIH SAAT MEMAKAI KAWAT GIGI

Oleh drg Budi Wibowo Sp.Ort dari RSUP Dr.Kariadi

 

Pemakai kawat gigi atau behel saat ini menjadi tren di berbagai kalangan masyarakat. Kawat gigi bukan hanya sebagai proses perawatan kesehatan saja tetapi sudah merupakan gaya hidup bagi kalangan masyarakat tertentu. Tapi dibalik gaya atau tren tersebut pemakaian kawat gigi justru dapat menimbullkan dampak negatif bagi kesehatan apabila advis dari dokter tidak diperhatikan.

Salah satu yang sering terabaikan adalah kebersihan mulut atau oral hygiene pada pemakai kawat gigi. Saya sebagai seorang ortodontis sering mendapatkan pasien yang kontrol dengan tumpukan plak dan karang gigi yang cukup berat. Pasien menyatakan “Dok…saya sudah rutin menyikat gigi tapi kok selalumuncul ya ini karang gigi”. Ada juga yang dating kontroldengan tumpukan sisa makanan diseluruh bagian gigi dan kawatnya. “Saya habis makan dok, belum sempat sika gigi demikian selalu alasannya, padahal setiap kontrol selalu dalam kondisi seperti itu. Hal kecil yang terlewatkan seperti itu lama kelamaan akan menimbulkan permasalahan serius. Pasien yang sering membiakantumpukan makanan disela kawat giginya lama kelamaan akan mengalami terkikisnya lapisan email. Awal mula akan timbul bercakputih di email, kemudian meluas dan pada akhirnya agak kekuningan ketika lapisan email yang terkikis semakin dalam. Struktur gigi yang semula sehat menjadi rusak, bukan pemakaian kawat gigi yang menjadi penyebabnya, tetapi faktor cara dan pola membersihkan gigi yang terabaikan yang menjadi penyebabnya. “Dok, sejak saya memakai kawat gigi kok gigi saya menjadi kekuningan” begitu keluhan beberapa pasien.

Beberapa hal yang sering tidak diperhatikan dalam membersihkan gigi adalah yang pertama membersihkan tapi tidak menjangkau seluruh permukaan gigi dan kawat yang akanmeyebabkan tumpukan plak. Menyikat gigi yang menjangkau seluruh permukaan gigi dan kawat tidak mungkin dilakukan dalam waktu singkat, perlu waktu minimal 10  menit untuk pembersihan yang optimal. Pembersihan tersebut memakai sikat gigi, sikat interdental yaitu sikat gigi khusus untuk menjangkau daerah yang sulit terjangkau dengan sikat gigi biasa, dan dental floss atau benang gigi untuk membersihkan celah antar gigi, celah antar gigi dengan bracket / behel. Apabial hal ini dilakukan rutin setiap malam, akan terhindar dari tumpukan plak dan karang gigi, serta mengurangi kejadian karies pada daerah yang sulit terjangkau dengan sikat gigi saja.

Jadi pemakaian kawat gigi bukan alasan penyebab gigi tidak bisa dibersihkan, melainkan kurang perhatiannya pemakai kawat gigi terhadap cara membersihkan gigi yang benar. Ayo gigi tetaplah bersih dengan memakai kawat gigi.

 

Share:

Tags:

Beri Komentar