news Details

APAKAH MENDENGKUR SAAT TIDUR ADALAH HAL YANG NORMAL?

Oleh Dr. Kanti Yunika, Sp.THT-KL dari RSUP Dr .Kariadi

Sahabat Sehat, seringkali kita mendapati kerabat atau teman kita mendengkur saat tidur. Tentunya hal ini mengganggu istirahat orang yang tidur berada di dekatnya. Jarang kita mau mengingatkan org tsb mungkin karena takut menyinggung perasaan org tsb. namun justru yang harus sangat menjadi perhatian adalah ada kalanya mendengkur ini bukan hanya mendengkur biasa, bisa jadi ini adalah salah satu lampu kuning, “warning system” adanya gangguan yang lebih serius pada saluran nafas orang tersebut dimana dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius antara lain penyakit jantung, hipertensi, stroke, kecelakaan saat berkendara, dll.

Lalu, apa yang harus kita lakukan sebagai kerabat saat mengetahui adanya gangguan tidur seperti mendengkur ini? Sahabat sehat, jangan lupa “mindsetting” kita harus berubah, dari pengobatan, pengobatan dan pengobatan atau yg disebut kuratif kembali ke pencegahan (preventif) dan menyebarkan informasi kesehatan yang bermanfaat (promotif) dalam segala hal harus kita kedepankan. Termasuk dalam hal ini, sebaiknya kita menyarankan kerabat yang mendengkur tersebut berkonsultasi kepada dokter. Dokter akan mengarahkan pemeriksaan-pemeriksaan yang diperlukan, seperti Sleep Test, dll.

Salah satu Sleep Test yaitu Polisomnografi. Polisomnografi dapat dilakukan di RS (lazimnya yang tipe 1/ komplit) atau dilakukan di rumah (tipe 2,3,4). Hasil pemeriksaan tersebut akan menjadi dasar penentuan tindakan atau tatalaksana apa untuk pasien.

Tatalaksana pada tidur mendengkur beragam dari konservatif (non invasif) sampai dengan pembedahan. Penatalaksanaan konservatif meliputi: diet dan olahraga untuk mengontrol berat badan, pemakaian “oral appliances”, terapi postural. Penatalaksanaan lini pertama namun bukan tindakan invasif yaitu pemakaian alat seperti masker atau kanul dengan tekanan positif (CPAP= Continous Positive Airway Pressure) agar penyempitan jalan nafas yang menyebabkan gangguan tidur dapat terbuka dengan adanya tekanan positif tersebut.

 

Share:

Tags:

Beri Komentar