news Details

Resistensi antimikroba adalah prioritas kesehatan utama World Health Organization (WHO). Tingginya tingkat resistensi antimikroba menjadi ancaman di seluruh dunia terhadap keselamatan dan kualitas pelayanan pasien. Antimicrobial Stewardship Program (ASP) adalah pendekatan untuk mengurangi resistensi antimikroba. Tujuan ASP yaitu mengoptimalkan penggunaan antibiotik secara bijak, mengurangi efek samping terkait antibiotik seperti infeksi C. difficile, mengurangi munculnya resistensi antibiotik, dan mengurangi biaya perawatan.

Standar JCI edisi 6 pada pembahasan Medication Management and Use (MMU) 1.1 mempersyaratkan setiap rumah sakit untuk mengembangkan dan mengimplementasikan program penggunaan antibiotik yang bijak berdasarkan prinsip dari antibiotic stewardship. Pada MMU 1.1 ME 5 disebutkan bahwa harus dilakukan pemantauan terhadap keefektifan program pengelolaan antibiotik. PPRA merupakan salah satu upaya untuk menjamin patient safety dan memaksimalkan pelayanan kepada pasien dengan mencegah peningkatan angka resistensi bakteri. Kementerian kesehatan telah menetapkan standar penyelenggaraan PPRA di rumah sakit melalui Permenkes no 8 tahun 2015, menimbang bahwa peningkatan kejadian dan penyebaran mikroba yang resisten terhadap antimikroba. Menyikapi hal di atas RSUP dr. Kariadi sangat perlu untuk melakukan kegiatan dalam rangka World Antibiotic Awareness Week (WAAW) tahun 2019 mengenai MDRO (multidrug resistance).

Dengan adanya acara ini ini, maka diharapkan implementasi penggunaan antibiotik secara rasional dapat terwujud sehingga menurunkan penggunaan antibiotik yang berlebihan dan mencegah penyebaran bakteri multiresisten.

1. SEMINAR KEEP FIGHTING MDRO

   Hari, Tanggal  : Jumat, 29 November 2019

   Tempat            : Ruang Anggrek Aula Diklat RSUP Dr. Kariadi Semarang

   Waktu              : 08.00 – 16.00 WIB

 2. LOMBA FOTO #ANTIBIOTIKBIJAKKU

Periode lomba : 25 – 28 November 2019

 3. CAR FREE DAY

Hari, Tanggal  : Minggu, 1 Desember 2019

   Tempat            : Lapangan Simpang Lima Semarang

   Waktu              : 06.00 – 09.00 WIB

Share:

Tags:

Beri Komentar