news Details

Apakah nyeri leher mekanik?
Nyeri leher mekanik merupakan nyeri leher yang bersumber dari sendi, otot, ligamen, diskus, atau jaringan lunak lainnya di leher atau punggung atas.

Bagaimana gejala nyeri leher mekanik?
Gejala dapat berupa nyeri yang menjalar, ketegangan otot, gangguan lingkup gerak sendi, gangguan aktivitas kehidupan sehari - hari.

Apa penyebabnya?
Nyeri leher mekanik dapat disebabkan antara lain karenapostur yang buruk, kecemasan, depresi, ketegangan pada leher, dan aktivitas olahraga atau pekerjaan

Bagaimana cara mendiagnosis nyeri leher mekanik?
Dokter akan menanyakan gejala dan riwayat penyakit yang dialami pasien.Kemudian dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, terutama pada leher. Dokter juga dapat melakukan beberapa pemeriksaan sepertirontgen,USG, EMG, ataupemeriksaan darah.

Bagaimana penanganan rehabilitasi medik nyeri leher mekanik?
Sebagian besar nyeri leher mekanik dapat sembuh sendiri setelah 2-3 minggu. Namun, hal ini juga tergantung penyebabnya. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi nyeri di leher :
- Menggunakan bantal yang sesuai, hindari penggunaan bantal yang terlalu tinggi atau keras.
- Lakukan senam leher dengan menggerakkan leher keatas dan kebawah, ke samping kanan dan kiri, dan putar kepala. Gerakan ini dapat meregangkan otot.
- Kompres leheryang nyeri dengan es batu yang dibalut handuk selama 3 hari pertama. Setelah itu, kompres dengan botol berisi air hangat untuk meredakan rasa nyeri pada leher.
- Hindari gerakan leher yang tiba – tiba dan terlalu kencang
- Memijat leher yang sakit
Jika nyeri leher yang dialami cukup parah dan tak kunjung sembuh meski sudah diberikan penanganan diatas, dokter dapat memberikan atau merekomendasikan obat – obatan, fisioterapi, atau operasi jika dibutuhkan.
Obat-obatan bisa diberikan untuk mengurangi rasa sakit pada leher seperti parasetamol atau ibuprofen. Selain obat minum, obat pereda nyeri yang dioles juga dapat diberikan. Dokter juga dapat memberi obat pereda nyeri jenis lain jika rasa tidak tertahankan atau berkepanjangan. Dokter juga dapat menyuntikkan obat pada sendi di tulang leher jika memang diperlukan.
Pada fisioterapi, terapis akan memperbaiki postur tubuh yang bermasalah dengan latihan gerakan tertentu. Terapi juga dapat dilakukan dengan traksi, penghangatan atau pendinginan, dan stimulasi saraf dengan listrik jika diperlukan. Penyangga leher juga dapat digunakan saat beraktivitas sehari hari untuk mengurangi tekanan pada struktur leher sehingga meredakan keluhan nyeri leher.
Meski jarang dilakukan, operasi juga bisa menjadi pilihanjika terdapat penekanan pada saraf tulang belakang yang tidak membaik dengan obat-obatan dan fisioterapi.

Apakah nyeri leher mekanik dapat dicegah?
Nyeri dapat dicegah antara lain dengan :
- Menjaga postur tubuh tetap stabil, seperti saat berdiri atau duduk, posisikan bahu tegak lurus dengan pinggul
- Rutin melakukan peregangan, khususnya saat sedang melakukan perjalanan jarak jauh atau bekerja didepan komputer
- Jangan menghimpit telepon di antara bahu dan telinga saat menelpon, lebih baik menggunakan headset atau dengan menyalakan speakernya
- Jangan merokok
- Sesuaikan tinggi meja dan kursi agar layar komputer sejajar dengan mata
- Gunakan bantal kepala yang tidak terlalu tinggi atau keras
- Hindari matras atau kasur yang terlalu empuk, karena tidak dapat menyangga leher dengan baik
- Jangan menggunakan tas selempag untuk membawa beban berat.

Share:

Tags:

Beri Komentar