news Details

MERAWAT GIGI ANAK BISA DIMULAI SEJAK BAYI

Oleh  : drg. Diah Ajeng Purbaningrum, MDSc, SpKGA dari RSUP Dr.Kariadi

Para orang tua tentu sering menjumpai kondisi bayi yang mengalami demam ringan, rewel, produksi air liur bayi meningkat dan anak cenderung suka mengigit-gigit, maka kemungkinan besar si bayi sedang tumbuh gigi. Proses tumbuh gigi atau teething ini di mulai sejak dalam kandungan hingga gigi tersebut keluar dari gusi anak. Rata-rata usia tumbuh gigi untuk pertama kalinya pada usia 6 bulan, tetapi tiap tingkat pertumbuhan pada tiap bayi berbeda. Banyak orang tua yang berpikiran tidak perlu memperhatikan kesehatan gigi susu. Gigi susu pada anak sering dianggap sepele karena akan digantikan oleh gigi permanen. Padahal gigi susu berperan sebagai penentu untuk tumbuhnya gigi permanen pada anak. Oleh karena itu sebisa mungkin sedari dini kita dapat merawat dan menjaga gigi susu hingga waktunya tanggal. Terdapat beberapa cara untuk membersihkan gigi dan rongga mulut anak berdasarkan usianya.

  1. Usia 0-6 bulan : meskipun belum ada gigi yang tumbuh, orang tua dapat membersihkan rongga mulut dan lidah setiap selesai menyusui dengan menggunakan kassa yang dililitkan di jari telunjuk dan dicelupkan pada air hangat kemudian dapat diusap lembut dan perlahan di seluruh permukaan gusi dan lidah bayi. Usahakan untuk dilakukan secara rutin sehingga tidak menimbulkan plak putih pada gusi maupun lidah pada bayi yang dapat memicu infeksi jamur.
  2. Usia 6-12 bulan : orang tua dapat memulai membersihkan gigi yang baru tumbuh dengan sikat gigi yang berbulu lembut dengan kepala sikat gigi yang berukuran kecil. Gunakan juga selapis tipis saja pasta gigi yang mengandung fluoride. Pada umur ini anak sudah bisa diajak untuk memeriksakan rutin kesehatan gigi dan mulutnya ke dokter gigi
  3. Usia 1-3 tahun : anak dapat dibiasakan untuk menyikat gigi minimal 2x sehari yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Sikat gigi yang digunakan adalah sikat gigi yang berbulu lembut dan kepala sikat gigi yang berukuran kecil. Gunakan pasta gigi berfluoride selapis tipis atau sebesar butiran beras.
  4. Usia 3-6 tahun : anak dapat diajarkan cara menyikat gigi yang benar dengan waktu minimal 2x sehari yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Sikat gigi yang digunakan adalah sikat gigi yang berbulu lembut dan kepala sikat gigi yang berukuran kecil. Gunakan pasta gigi berfluoride sebesar ukuran kacang polong
  5. Usia 6 tahun ke atas : anak dapat diajarkan cara menyikat gigi yang benar dengan waktu minimal 2x sehari yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Sikat gigi yang digunakan adalah sikat gigi yang berbulu lembut dan kepala sikat gigi yang berukuran kecil. Gunakan pasta gigi berfluoride dengan takaran regular yaitu sepanjang bulu sikat anak-anak.

 

Share:

Tags:

Beri Komentar