news Details

PENGENALAN TB PARU– Sahabat sehat, tahukah Anda apa itu tuberkulosis paru? Tuberkulosis paru atau biasa disebut TB paru adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TB (miko bacterium tuberkulosa). Terutama menyerang paru – paru dan bukan penyakit keturunan. Pasien TB yang batuk atau bersin tanpa menutup mulut dan menular lewat udara.
Lalu, apa saja gejala penyakit TB paru? Biasanya orang yang terkena TB paru akan mengalami batuk berdahak terus menerus selama 2 – 3 minggu / lebih, demam lebih dari 1 bulan, nyeri dada dan sesak nafas, mengeluarkan keringat dingin dimalam hari tanpa aktifitas, mengeluarkan dahak bercampur darah , nafsu makan akan berkurang, serta berat badan turun.
Sahabat sehat, cara untuk mengetahui apakah kita terkena TB paru atau tidak yaitu dengan pemeriksaan dahak di laboratorium (diambil 3x dalam 2 hari yaitu dahak sewaktu (S) datang pertama, dahak Pagi (P) : ketika bangun tidur dan dahak sewaktu ke-2 (S) : diambil setelah dahak pagi ) dan dengan pemeriksaan foto rontgen.
Ada beberapa faktor risiko terkena penyakit TB paru yaitu seperti kurang gizi atau terinfeksi HIV, DM serta rumah dengan sirkulasi udara yang buruk dan pemukiman yang padat serta kumuh.
Pencegahan penularan penyakit TB paru yaitu dengan menggunakan masker, minum obat teratur 6 – 12 bulan untuk mencegah penularan kuman TB, menutup mulut ketika batuk dan bersin serta melakukan pola hidup sehat.
TB paru dapat disembuhkan jika penderitanya patuh mengonsumsi obat sesuai dengan resep dokter. Pengobatan TB harus teratur dan sesuai dengan jadwal dan tidak boleh gagal karena dapat berakibat resisten (kekebalan) obat. Kuman TB menjadi kebal terhadap obat sehingga sulit disembuhkan. Pasien dianjurkan untuk minum obat anti TB selama minimal 6 bulan secara teratur. Tahap awal : minum obat setiap hari selama minimal 2 bulan. Tahap lanjutan : minum obat 3x seminggu atau setiap hari selama minimal 4 bulan. Selama pengobatan juga harus diet tinggi kalori dan tinggi protein.
Tim PKRS RSUP Dr.Kariadi

Share:

Tags:

Beri Komentar