news Details

Hiperuricemia adalah jenis radang sendi yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat dalam darah. Kadar asam urat dalam darah yang tinggi dapat menyebabkan terbentuknya kristal di persendian, menyebabkan nyeri hingga bengkak, dapat berulang/kambuh, serta membutuhkan pengelolaan obat-obatan untuk mengatasi peradangan saat kambuh atau mengurangi kadar asam urat dalam darah dalam jangka panjang.

Penyakit kardiovaskular (CVD), dislipidemia (peningkatan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah), hipertensi, Diabetes Melitus (DM) tipe 2, dan gangguan ginjal akan meningkatkan faktor risiko terjadinya Hiperuricemia. Selain itu, penyakit Hiperuricemia juga banyak ditemukan pada obesitas. Pada pasien dengan obesitas disarankan supaya menurunkan berat badan secara bertahap untuk membantu menurunkan kadar asam urat. Sebaliknya, penurunan berat badan yang cepat (lebih dari 1 kg/minggu) dapat meningkatkan kadar asam urat.

Purin merupakan zat alami yang ada dalam  makanan dan minuman. Dalam tubuh, purin akan dipecah menjadi asam urat, kemudian disaring oleh ginjal dan dikeluarkan melalui urin. Pada penderita Hiperuricemia, metabolisme ini terganggu, sehingga asam urat menumpuk di dalam darah. Jika kadar asam urat tinggi di dalam darah dan jangka waktu yang lama, akan terbentuk kristal yang mengakibatkan bengkak, nyeri sendi, bahkan batu ginjal. Gangguan disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya fungsi ginjal terganggu karena kelainan genetik/gaya hidup yang buruk.

Sepertiga kadar asam urat dalam tubuh berasal dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari, sehingga bagi penderita asam urat penting untuk menjaga pola makan setiap harinya. Hal ini dapat dilakukan dengan menghindari makanan dan minuman yang mengandung tinggi purin. Kandungan purin dalam makanan dapat dikategorikan antara lain :

  1. Makanan yang mengandung tinggi purin (harus dihindari) : ikan asin, daging kambing, bebek, ikan sarden, jerohan (otak, hati, ginjal, jantung), telur ikan, kerang, seafood, cake/kue manis, minuman beralkohol/bersoda.
  2. Makanan dengan kandungan purin sedang (masih dapat dikonsumsi dalam jumlah terbatas) : asparagus, kembang kol, daging sapi, daging babi, jamur, bayam, oatmeal, gandum, kacang-kacangan.
  3. Makanan rendah purin (disarankan untuk dikonsumsi) : buah, sayur, puding, telur, susu skim, pasta, buah, sayur.

Kombinasi dari diet seimbang dan aktivitas fisik teratur merupakan cara terbaik untuk menurunkan berat badan dengan aman dan mengurangi risiko terjadinya peningkatan kadar asam urat, selain dari terapi obat-obatan. Pola makan seimbang dapat dimulai dengan menjaga konsumsi karbohidrat 60% dari kebutuhan kalori. Lakukan ini dengan mengonsumsi 6 hingga 10 porsi sumber karbohidrat (nasi, umbi-umbian, makanan terbuat dari tepung/gandum) serta 5 porsi buah dan sayuran setiap hari. Buah dan sayuran mengandung serat, vitamin, mineral dan fitonutrien penting untuk kesehatan. Selain itu penting untuk menjaga diet dengan proporsi lemak yang rendah. Batasi jumlah asupan lemak hingga kurang dari 30% total kebutuhan kalori. Kebutuhan protein diberikan sesuai kebutuhan.

Dehidrasi (kekurangan cairan) dapat menjadi faktor risiko terjadinya peningkatan asam urat. Minumlah 1-1,5 liter cairan sehari, jika memiliki masalah jantung/ginjal, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi tentang jumlah cairan yang tepat untuk diminum. Suplementasi vitamin C (500-1500 mg/hari) dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah. Vitamin C akan membantu menghilangkan asam urat dari tubuh melalui ginjal. Konsultasikan dengan dokter mengenai dosis suplementasi yang tepat untuk mencegah adanya interaksi dengan obat yang sedang dikonsumsi.

 

Referensi :

  1. Gout and Diet. 2015. Arthritis Australia. Arthritis Information Sheet.
  2. All about gout and Diet. UK Gout Society.
  3. Managing Gout. 2017. Melanie Reid. Good practice Issue 11.
  4. Low Purine Diet – Gout Diet Treatment. Handout from University of Pittsburgh Medical Center
Share:

Tags:

Beri Komentar